Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

10 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ketua IMF Desak Tindakan Cepat Atasi Krisis Pangan

Kamis 19 May 2022 14:35 WIB

Red: Esthi Maharani

Perang Rusia-Ukraina telah menyebabkan kekurangan pangan dan harga yang meningkat tajam.

Perang Rusia-Ukraina telah menyebabkan kekurangan pangan dan harga yang meningkat tajam.

Foto: AP Photo/Burhan Ozbilici
Perang Rusia-Ukraina telah menyebabkan kekurangan pangan dan harga yang meningkat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) pada Rabu (18/5/2022), mendesak masyarakat internasional untuk mengambil tindakan cepat dan terkoordinasi dengan baik untuk mengatasi krisis pangan karena perang Rusia-Ukraina telah menyebabkan kekurangan pangan dan harga yang meningkat tajam.

Perang telah menciptakan "krisis di atas krisis" di seluruh dunia dengan negara-negara menghadapi kekurangan pangan dan harga pangan, energi serta pupuk yang meningkat tajam, kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva dalam sebuah pernyataan.

"Tekanan-tekanan ini terjadi pada saat keuangan publik negara-negara sudah meregang dari pandemi dan beban utang tinggi," kata Georgieva.

"Dengan inflasi mencapai tingkat tertinggi yang terlihat dalam beberapa dekade, rumah tangga rentan di negara berpenghasilan rendah dan menengah paling berisiko mengalami kerawanan pangan akut," katanya.

Ia menambahkan bahwa kelaparan sering memicu kerusuhan dan kekerasan sosial. Georgieva mencatat bahwa "jika kita telah belajar satu pelajaran dari krisis pangan 2007-2008, komunitas internasional perlu mengambil tindakan cepat dan terkoordinasi dengan baik untuk mengatasi krisis pangan dengan mempertahankan perdagangan terbuka, mendukung rumah tangga yang rentan, memastikan pasokan pertanian yang cukup, dan mengatasi tekanan pembiayaan."

Hal itu disampaikan Ketua IMF saat IMF dan beberapa lembaga keuangan internasional lainnya merilis rencana aksi bersama untuk mengatasi ketahanan pangan.

sumber : Antara / Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile