Banjir Rob Sebabkan Kemacetan di Jalan Kalianak Surabaya

Red: Muhammad Fakhruddin

Banjir Rob Sebabkan Kemacetan di Jalan Kalianak Surabaya (ilustrasi).
Banjir Rob Sebabkan Kemacetan di Jalan Kalianak Surabaya (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Didik Suhartono

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Surabaya menyebut banjir rob yang terjadi di sejumlah wilayah pesisir Kota Pahlawan, Jawa Timur, Kamis (19/5/2022), menyebabkan kemacetan lalu lintas di antaranya di Jalan Kalianak.

"Dampak banjir rob ada beberapa daerah terjadi kemacetan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya Ridwan Mubarundi Surabaya.

Menurut dia, banjir rob merupakan fenomena alam yang rutin terjadi setiap bulan purnama, dimana air mengalami pasang maksimal dan menggenangi daratan rendah di sekitarnya. "Ada beberapa wilayah di Surabaya yang rawan terkena banjir rob," ujar dia.

Ridwan menyebut beberapa kawasan atau kelurahan yang berpotensi banjir rob berada di Kelurahan Romokalisari Kecamatan Benowo, Kelurahan Genting Kalianak Kecamatan Asemrowo, Kelurahan Kedungcowek Kecamatan Bulak dan Kelurahan Gunung Anyar Kecamatan Gunung Anyar.

Baca Juga

Sedangkan lokasi potensi jalan rawan genangan/banjir akibat banjir rob di antaranya Jalan Kalimas Kecamatan Pabean Cantian, Jalan Greges-Kalianak Kecamatan Asemrowo, Jalan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak dan jalan Medokan Sawah Kecamatan Gunung Anyar.

"Air rob biasanya berlangsung 3 atau 4 jam dengan ketinggian air di daratan yg terkena sekitar 50 cm sampai dengan 60 cm. Setelah surut sendirinya," kata dia.

Saat ditanya mengenai rumah warga yang tergenang air rob, Ridwan mengatakan, tidak terlalu menjadi masalah karena air cepat surut di kawasan perkampungan. "Cuma yang berdampak ya itu kemacetan," ujar Ridwan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Banjir di Jalan Raya Sawangan Depok

Banjir Rob Menggenangi Permukiman Penduduk di Kota Padang

Fase Bulan Purnama, DKI Ingatkan Banjir Rob di Empat Wilayah Ini

BMKG: Waspadai Potensi Rob di Pesisir Selatan Jabar-DIY

Sebagian Besar Wilayah Nigeria Berisiko Terkena Bencana Banjir

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark