Jumat 20 May 2022 07:40 WIB

Presiden Ekuador akan Hadiri Pertemuan Negara-Negara Amerika

Sejumlah pemimpin negara Amerika Latin ragu akan hadir di pertemuan tersebut.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
 Presiden Ekuador Guillermo Lasso mengatakan ia akan mengakhiri pertemuan Negara-negara Benua Amerika di Los Angeles bulan depan.
Foto: AP/Dolores Ochoa
Presiden Ekuador Guillermo Lasso mengatakan ia akan mengakhiri pertemuan Negara-negara Benua Amerika di Los Angeles bulan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, QUITO -- Presiden Ekuador Guillermo Lasso mengatakan ia akan mengakhiri pertemuan Negara-negara Benua Amerika di Los Angeles bulan depan. Hal ini ia sampaikan saat Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Jill Biden berkunjung ke negara Amerika Selatan tersebut.

Keputusan Lasso mendorong pertemuan yang digelar di AS tersebut. Pasalnya sejumlah pemimpin negara Amerika Latin ragu akan hadir di pertemuan tersebut.

Baca Juga

"Kami senang untuk menghadiri pertemuan," kata Lasso setelah ia dan istrinya bertemu Jill Biden, Kamis (19/5/2022).

Lasso mengatakan ia juga berbicara melalui telepon dengan Presiden AS Joe Biden mengenai pertemuan tersebut. "Presiden Biden dan saya menyepakati sejumlah isu yang berdampak pada rakyat kami seperti penyelundupan narkoba, pengangguran, dan di saat yang sama kami tahu hubungan pertemanan kami dan keinginan untuk mendorong kesejahteraan akan menjadi solusi kunci masalah-masalah itu," kata Lasso.

Jill Biden berkeliling ke pusat taman kanak-kanak dan selama di Ekuador ia dijadwalkan bertemu dengan imigran Venezuela.

Pekan ini Presiden Guatemala Alejandro Giammattei mengatakan ia tidak akan menghadiri pertemuan itu. Hal itu ia sampaikan satu hari setelah AS mengkritik negara Amerika Tengah tersebut karena menunjuk jaksa agung kontroversial Maria Consuelo Porras untuk masa jabatan kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement