Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Daftar Rumah Sakit Terbaik di Indonesia

Sabtu 21 May 2022 13:42 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Daftar  Rumah Sakit

Daftar Rumah Sakit

Sedang bingung mencari rumah sakit mana yang pelayanannya paling bagus?

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan untuk pasien yang terinfeksi virus Corona, Pemerintah telah menyiapkan beberapa rumah sakit yang menjadi rujukan.

Namun terlepas dari pandemi, rumah sakit pada hakikatnya dibangun untuk menyelenggarakan pelayanan pengobatan serta pemulihan kesehatan masyarakat umum sesuai standar yang telah ditetapkan. Fungsi ini tercantum dalam Undang-Undang No. 44 tahun 2009 mengenai rumah sakit beserta fungsinya.

Sejumlah pelayanan kesehatan yang termasuk di dalamnya ialah pelayanan gawat darurat, pelayanan rawat jalan, poliklinik bedah, poliklinik kebidanan dan kandungan, poliklinik penyakit dalam, poliklinik orthopedi, hingga poliklinik bedah syaraf.

Baca Juga: Daftar Rumah Sakit Jantung di Indonesia, Mana yang Paling Direkomendasikan?

Pembagian Jenis atau Tipe Rumah Sakit

Tak dapat dihindari, semua orang akan berhadapan dengan kondisi kesehatan yang menurun. Untuk itu, adalah penting bagi masyarakat dalam memperluas wawasannya seputar pelayanan kesehatan dan rumah sakit.

Ada beberapa tolok ukur dalam pengklasifikasian tipe rumah sakit. Jika hendak ditinjau dari fasilitas dan kemampuan pelayanan yang tersedia, rumah sakit bisa dinilai dari kepemilikan tempat tidur dalam kapasitas tertentu.

Sementara berdasarkan jenis penyakit serta bidangnya, rumah sakit kemudian terbagi dalam dua tipe, yakni rumah sakit khusus dan umum. Seluruh ketentuan tersebut disesuaikan dengan rujukan dari Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 340/ Menkes/ Per/ III/ 2010.

Rumah Sakit Umum

Rumah Sakit Khusus

Menyediakan pelayanan kesehatan secara umum untuk segala jenis penyakit dan mencakup semua bidang. Rumah sakit umum ini lantas dibagi menjadi empat kelas, A, B, C, dan D.

Dibagi sesuai jenis penyakit, golongan disiplin ilmu tertentu, usia, organ serta kriteria pasiennya. Di antaranya mencakup rumah sakit bersalin, kanker, paru, jantung, ibu dan anak, jiwa, telinga, rehabilitasi, dan lainnya. 

Rumah sakit khusus juga dibagi lagi ke dalam tiga kelas, yakni A, B, dan C.

Rumah Sakit Sesuai Standar Internasional

Terunggul, Indonesia juga mempunyai sejumlah rumah sakit terbaik. Jajaran rumah sakit inilah yang berhasil terakreditasi dan meraih penghargaan dari Amerika Serikat, Joint Commission International (JCI).

Sejumlah rumah sakit terbaik di Indonesia tersebut beroperasi sesuai standar perawatan kesehatan yang unggul dan bermutu tinggi, serta mengutamakan keselamatan para pasien (patient safety) sesuai taraf internasional.

Melansir dari halaman Webometrics Hospital, berikut ialah 25 rumah sakit terbaik di Indonesia yang sudah bertaraf internasional.

Ranking

World Rank

Rumah Sakit

1

3858

Rumah Sakit Mitra Keluarga Group

2

4005

Siloam Hospitals Group

3

4069

Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta

4

4486

Bali International Medical Centre Hospital

5

5471

Rumah Sakit Bunda Jakarta

6

6099

Rumah Sakit Pondok Indah

7

7541

Rumah Sakit Islam Jakarta

8

8612

Dharmais Cancer Hospital

9

8781

Rumah Sakit Panti Rapih

10

9035

Medistra Hospital

11

9140

Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum

12

9277

Rumah Sakit Pelni Petamburan

13

9432

Pertamedika (Rumah Sakit Pusat Pertamina)

14

9868

Jakarta Eye Center

15

10040

Kasih Ibu Hospital

16

10210

Rumah Sakit Adi Husada

17

10465

International Sos Medical Clinic Bali & Evacuations

18

10605

Pantai Indah Kapuk Hospital

19

10728

Surya Husadha General Hospital

20

11461

Ramsay Healthcare Indonesia

21

11607

Pluit Hospital

22

11659

Husada Hospital

23

11688

Rumah Sakit Katolik St. Vincentius Paulo Surabaya

24

11715

Pelayanan Kesehatan St. Carolus

25

11875

Prima Medika Hospital

Sumber: https://hospitals.webometrics.info/en/asia/indonesia

Baca Juga: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu dan Anak di Jakarta

10 Besar Rumah Sakit Terbaik di Indonesia

  1. Rumah Sakit Mitra Keluarga Group

    Rumah Sakit Mitra Keluarga

    Rumah Sakit Mitra Keluarga (Sumber: www.mitrakeluarga.com)

    Jaringan Rumah Sakit Mitra Keluarga Group telah berdiri sejak 1989 silam. Dengan misi Indonesia sehat, RS Mitra Keluarga Group menjanjikan lebih dari sekadar pelayanan kesehatan, tapi juga sebagai mitra bagi keluarga Indonesia.

    Tim medis RS Mitra Keluarga Group menjanjikan perawatan yang tulus, andal dan terpercaya bagi para pasiennya. Hingga kini, RS Mitra Keluarga Group telah tersebar di berbagai wilayah Jakarta, Cimahi, Tegal, Bekasi, Depok, Surabaya, Cibubur, dan lainnya.

  2. Siloam Hospitals Group

    Rumah Sakit Siloam atau Siloam Hospitals Group adalah bagian dari jaringan RS swasta yang dibangun oleh Lippo Group. Berdiri sejak tahun 1996, RS ini dibangun oleh Mochtar Riady. 

    Siloam Hospitals tak hanya tersebar di wilayah Jabodetabek, tapi juga di beberapa titik pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Sumatera, hingga Sulawesi dan Kalimantan. 

    Bahkan Joint Commission International (JMC) telah memberikan penghargaan kepada Siloam Hospitals Denpasar, Kebon Jeruk, dan juga Lippo Village. Dengan begitu, ketiga RS tersebut telah terakreditasi sesuai standar kesehatan internasional yang diakui dunia.

  3. Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta

    Berdiri sejak Januari 1933, Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta merupakan rumah sakit tipe B dan buka 24 jam penuh.

    Sejak dulu, mendiang dr. Oen dikenal tak hanya sebagai pejuang, tapi juga dokter wong cilik yang telah banyak mengabdikan dirinya kepada rakyat dengan cuma-cuma. Hingga kini, RS Dr. Oen Surakarta masih berdiri dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat setempat. 

    Alamat: Jl. Brigjend Katamso No. 55, Tegalharjo, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, 57128.

    Telepon: 0271 643139.

  4. Bali International Medical Centre Hospital

    BIMC Hospitals Group telah berdiri sejak tahun 1998 dan memberikan pelayanan terbaik mereka untuk masyarakat lokal maupun turis. 

    Rumah sakit ini telah mengantongi status akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang dilimpahkan oleh Menteri Kesehatan Indonesia. Selain itu, BIMC juga diketahui menjalin kerjasama dengan IAG (International Assistance Group), sebuah aliansi global yang menyediakan bantuan independen dalam bidang medis, hukum, perjalanan, rumah, dan lainnya yang terbentuk sejak tahun 1992. 

    BIMC Hospital sendiri sudah tersebar di beberapa daerah di Bali. Seperti, Kuta, Nusa Dua, dan Ubud.

  5. Rumah Sakit Bunda Jakarta

    Menjanjikan “Standar Tertinggi dalam Pelayanan Kesehatan”, RSU Bunda Jakarta dikenal sebagai pelopor robotic surgery. Teknologi mutakhir tersebut dikembangkan dalam ranah bedah kedokteran dan dibantu oleh sistem robot selama prosedur pembedahan.

    Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No. 21, RT 9/ RW 2, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, 10350. 

    Telepon: 1500799.

  6. Rumah Sakit Pondok Indah

    Rumah Sakit Pondok Indah

    Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya (Sumber: www.rspondokindah.co.id)

    Berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang prima dan terdepan berbasis teknologi medis modern, terkini, dan sistem informasi digital yang terintegrasi, RS Pondok Indah menjanjikan dukungan tenaga medis yang berkualitas tinggi untuk membantu kesembuhan pasien. 

    Rumah Sakit Pondok Indah sendiri sudah tersebar di beberapa daerah besar di Jakarta dan sekitarnya. Seperti, Pondok Indah, Puri Indah, dan Bintaro Jaya.

  7. Rumah Sakit Islam Jakarta

    Rumah Sakit Islam Jakarta merupakan rumah sakit keempat yang dimiliki Muhammadiyah. Terakreditasi lulus tingkat paripurna, RSIJ telah berdiri sejak 4 Mei 1992 dan diresmikan oleh Prof. Dr. Munawir Sjadzali, MA, selaku Menteri Agama RI saat itu. 

    Menyandang motto: Bekerja sebagai Ibadah Ihsan dalam Pelayanan, Rumah Sakit Islam Jakarta beralamatkan di:

    Alamat: Jl. Cempaka Putih Tengah I No. 1, RT 11 RW 5, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, 10510.

    Telepon: 021 4250451.

  8. Dharmais Cancer Hospital

    Rumah sakit umum tipe A ini merupakan pusat kanker nasional dan beroperasi di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan. Ya, Dharmais Cancer Hospital ialah layanan kanker terpadu yang menjadi rujukan seluruh Indonesia. 

    Dengan misinya untuk menjadi “Caring and Smart National Cancer Center”, Rumah Sakit Kanker Dharmais berlokasi di: 

    Alamat: Jl. Letjen S. Parman No. 84, RW 9, Kota Bambu Selatan, Palmerah, DKI Jakarta, 11420. 

    Telepon: 021 5681570.

  9. Rumah Sakit Panti Rapih

    Telah berdiri sejak 1929, Rumah Sakit Panti Rapih dikenal sebagai salah satu pusat pelayanan kesehatan yang paling besar di Yogyakarta. Diketahui, RS Panti Rapih dikelola oleh Yayasan Panti Rapih dan didirikan oleh Ordo Katolik Carolus.

    Panti Rapih sendiri berarti rumah penyembuhan. Yang menarik, Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. PM. 07/ PW. 007/ MKP/ 2010 telah menetapkan bangunan rumah sakit ini sebagai Cagar Budaya. Rumah sakit umum ini terletak di:

    Alamat: Jl. Cik Di Tiro No. 30, Samirono, Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, 55223.

    Telepon: 0274 563333.

  10. Medistra Hospital

    Dengan mottoSmiling, Service and Care”, Medistra Hospital telah beroperasi sejak tanggal 28 November 1991 silam.

    RS umum ini menyediakan layanan poliklinik spesialis, medical check up, farmasi serta sejumlah klinik khusus. Di antaranya ialah Sleep & Snoring Clinic, Klinik Cantik, Urologi, Onkologi, Perawatan Luka, Hematologi, dan lainnya.

    Alamat: Jl. Gatot Subroto No. Kav 59, RT 1/ RW 4, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12950.

    Telepon: 021 5210200.

Demi Kesehatan, Semua akan Dilakukan

Kesehatan adalah kekayaan sejati. Oleh karena itu, adalah penting untuk menjaga, memelihara, dan merawat kesehatan lahir batin dan menghargai kehidupan. 

Salah satunya dengan mengantongi informasi seputar pelayanan kesehatan terbaik jika sewaktu-waktu kamu dan keluarga kelak membutuhkannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Daftar Rumah Sakit Pemerintah di Jakarta, Ini Alamat dan Nomor Teleponnya

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile