Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pakar Diet Rekomendasikan Sayur Ini untuk Turunkan Kolesterol

Jumat 20 May 2022 17:40 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Wortel sebagai sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga untuk fungsi tubuh lainnya (Ilustrasi). Worter juga baik untuk menurunkan kolesterol.

Wortel sebagai sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga untuk fungsi tubuh lainnya (Ilustrasi). Worter juga baik untuk menurunkan kolesterol.

Foto: Needpix
Kolesterol baik untuk mengurangi kadar kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar kesehatan merekomendasikan makan sayuran tertentu untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Menurut ahli diet Lisa Young, ada satu sayuran yang efektif dalam menjaga kadar kolesterol tetap optimal, yaitu wortel.

"Wortel adalah sumber serat larut yang baik, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Sayuran ini juga kaya beta karoten, antioksidan vitamin A yang dapat melindungi dari penyakit kronis seperti penyakit jantung," kata Young, dikutip dari laman Express, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga

Kolesterol adalah zat lemak yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk menjaga kapasitas fungsi kardiovaskular yang optimal. Namun, terlalu banyak kolesterol dalam jumlah tak seimbang dapat berujung pada kesehatan buruk.  

Terdapat dua subtipe kolesterol, yakni HDL dan LDL. HDL biasa dikenal sebagai kolesterol "baik" karena membuat jantung tetap sehat. Sementara, LDL disebut sebagai kolesterol "jahat" lantaran terbentuk sebagai plak di arteri yang meningkatkan tekanan darah.

Menyantap wortel secara rutin diyakini menjaga agar kadar HDL lebih tinggi dibandingkan LDL. Menyeimbangkan kadar kolesterol sangat penting, sebagai upaya pencegahan penyakit jantung serta bentuk penyakit kardiovaskular lain.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile