Jumat 20 May 2022 15:58 WIB

Kota Sukabumi Canangkan Gerakan Tertib Arsip

Pengelolaan yang terbaik diberikan penghargaan dan diperingkat.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Para pimpinan perangkat daerah Kota Sukabumi menandatangani gerakan tertib arsip di Balai Kota Sukabumi, Jumat (20/5/2022).
Foto: Republika/riga nurul iman
Para pimpinan perangkat daerah Kota Sukabumi menandatangani gerakan tertib arsip di Balai Kota Sukabumi, Jumat (20/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi mencanangkan gerakan tertib arsip di lingkup pemerintahan daerah. Sebab pengelolaan arsip bagian dari penilaian reformasi birokrasi khususnya dengan mengarahkan pada digitalisasi arsip.

Pencanangan tersebut dilakukan selepas upacara hari kearsipan nasional dan hari kebangkitan nasional tingkat Kota Sukabumi di Balai Kota Sukabumi, Jumat (20/5/2022). '' Dalam momen hari kearsipan nasional setiap 18 Mei, Kota Sukabumi mencanangkan gerakan tertib arsip,'' ujar Kepala Bidang Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Sukabumi Yanti Kurnianti, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga

Di mana para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menandatangani komitmen untuk tertib arsip. Sehingga ke depan SKPD akan terus bergerak untuk tertib arsip.

Sebelumnya kata Yanti, Bidang Arsip Dispusip juga melakukan pengawasan pengelolan arsip ke 32 OPD dan kecamatan serta kelurahan. '' Alhamdulillah sudah banyak yang bagus pengelolaanya,'' kata dia.

Bahkan pengelolaan yang terbaik diberikan penghargaan dan diperingkat. Di mana tiga besar instansi yang terbaik pengelolaan arsip yakni Inspektorat Kota Sukabumi, Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, dan Dinas Perpustakaan dan Arsip

Kearsipan kata Yanti, salah satu penilaian reformasi birokrasi sehingga harus melakukan peningkatan. Misalnya penyusutan arsip harus dilakukan karena masuk dalam kriteria penilaian laporan audit kearsipan eksternal dan Sukabumi ibaru dapat predikat B dan bisa meningkat ke A.

Selain itu ungkap Yanti, digitalissi arsip menggunakan aplikasi Srikandi. Harapannya target akhir tahun 2022 launching di semua SKPD hingga kelurahan. Srikandi ini mengurus mulai penciptaan arsip pemeliharaan, penyimpanan, sampai pemusnahan.'' Kami mendorong digitalisasi arsip dengan meminta seluruh perangkat daerah yang selama ini pengarsipan manual harus berproses menjadi digital,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Sehingga kebutuhan arsip dengan mudah dan simpel untuk ditemukan.

Oleh karenanya kata Fahmi, digitalisasi arsip dengan dilombakan mulai juara pertama hingga ketiga. Berharap memotivasi digitalisasi dan meningkatkan budaya arsip di SKPD.'' Arsip sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran serta rapi dengan digitalisasi,'' kata Fahmi.

Urusan pemerintahan dan lembaga lebih menjadi simple karena cukup dalam pengolahan data misalnya lewat telepon seluler. Terakhir lanjut Fahmi, mari wujudkan kolaborasi dalam kearsipan. '' Kolaborasi kearsipan sebagai aspek pengelolaan pemerintahan yang baik,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement