Jumat 20 May 2022 21:20 WIB

5 Hal Menarik dari J1 League Musim Ini

Kawasaki Frontale berstatus sebagai juara bertahan J1 League.

Red: Israr Itah
Para pendukung tim Shimizu S Pulse saat menyaksikan tim kesayangannya berlaga di J1 League. (ilsutrasi)
Foto: J.LEAGUE - all rights reserved
Para pendukung tim Shimizu S Pulse saat menyaksikan tim kesayangannya berlaga di J1 League. (ilsutrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi Meiji Yasuda J1 League 2022 sudah dimulai sejak 18 Februari lalu. Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Jepang itu masih akan berlangsung sampai 5 November 2022.

Musim ini, J1 League kembali diikuti oleh 18 tim. Kawasaki Frontale berstatus sebagai juara bertahan, empat kali kampiun dalam lima musim terakhir Liga Jepang.

Baca Juga

Untum musim ini, ada beberapa fakta menarik yang tersaji dari tim-tim yang bertarung di J1 League. Berikut di antaranya.

Jarak

Musim ini, 18 tim J1 League tersebar dari seluruh penjuru Jepang. Hokkaido Consadole Sapporo jadi tim yang berasal dari paling Utara, tepatnya dari Kota Sapporo di Pulau Hokkaido. Sedangkan Sagan Tosu jadi tim paling Selatan, berasal dari Kota Tosu di Pulau Kyushu.

Laga Hokkaido Consadole Sapporo melawan Sagan Tosu juga jadi laga terjauh antara dua tim musim ini di J1 League, dengan kedua kota berjarak lebih dari 1.400km.

Sedangkan laga terdekat mempertemukan Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale yang sama-sama berasal dari Prefektur Kanagawa. Kandang kedua tim berjarak tak lebih dari 15 km saja.

Kepadatan

Prefektur Kanagawa memang jadi daerah terpadat bagi markas tim-tim J1 League musim 2022. Musim ini, ada tiga tim yang berasal dari Kanagawa. Selain Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale, ada pula Shonan Bellmare.

Selain itu, ada Prefektur Shizuoka yang memiliki dua tim: Shimizu S-Pulse dan Jubilo Iwata. Jumlah ini sama dengan Prefektur Osaka yang juga memiliki dua tim: Gamba Osaka serta Cerezo Osaka. Sisanya, 11 tim lain berasal dari 11 prefektur yang berbeda.

Dari empat pulau terbesar Jepang, Pulau Honshu jadi yang terpadat dengan memiliki 15 tim J1 League musim ini.

Dua tim berasal dari Pulau Kyushu yaitu Sagan Tosu dan Avispa Fukuoka. Sedangkan Pulau Hokkaido menyumbang satu tim, Hokkaido Consadole Sapporo. Musim ini tak ada wakil dari Pulau Shikoku.

Stadion

Yokohama F. Marinos memiliki stadion dengan kapasitas terbesar, dengan Nissan Stadium kandang mereka dapat menampung hingga 72.013 penonton.

Jumlah ini jauh lebih banyak daripada Saitama Stadium 2002, kandang Urawa Red Diamonds di tempat kedua yang memiliki kapasitas 62.010 penonton.

Di sisi lain, Kashiwa Reysol jadi tim dengan stadion paling kecil. Sankyo Frontier Kashiwa Stadium kandang mereka memiliki kapasitas 15.109 penonton.

Jumlah ini hanya sedikit di bawah Yamaha Stadium, kandang Jubilo Iwata, yang memiliki kapasitas 15.165 penonton.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement