Sabtu 21 May 2022 10:15 WIB

Pengamat Harap Langkah Percepatan Pencairan PNBP Berjalan Baik

Kebutuhan di berbagai fasilitas kesehatan TNI dinilai mendesak.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Tentara Nasional Indonesia.
Foto: ANTARA/Kornelis Kaha
Tentara Nasional Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat birokrasi dan kelembagaan Varhan Abdul Azis mendorong agar percepatan pencairan dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk fasilitas kesehatan (faskes) Tentara Nasional Indonesia (TNI) berjalan lancar. Percepatan ini sendiri menjadi langkah yang diambil oleh Kepala Staf Kepresidenan RMoeldoko.

Sikap mantan Panglima TNI tersebut, kata Varhan, menegaskan komitmen Moeldoko terhadap prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang sangat esensial dalam pengelolaan negara. 

Baca Juga

“Ini bukti komitmen KSP Moeldoko yang pernah menjadi Panglima TNI terhadap para anggota prajurit TNI, jelas kepedulian ini  membuktikan para prajurit TNI masih ada di hati Jenderal Moeldoko," kata Varhan, Sabtu (21/5/2022). "Yang  paling penting, dengan mendorong percepatan pencairan dana PNBP tersebut KSP sudah memberikan solusi nyata pada persoalan akut di fasilitas-fasilitas kesehatan TNI saat ini,” kata Varhan menambahkan.

Ia membuka data, dengan terkendalanya penarikan dana PNBP fasilitas kesehatan TNI, tidak hanya para dokter dan paramedis di lingkungan TNI tersendat menerima hak mereka berupa honorarium.