Sabtu 21 May 2022 18:31 WIB

Subvarian Omicron Terbaru Menyebar, Apa Harus Khawatir?

Subvarian BA.4. dan BA.5 saat ini mulai menyebar ke beberapa negara.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Subvarian BA.4. dan BA.5 saat ini mulai menyebar ke beberapa negara.
Foto: www.pixabay.com
Subvarian BA.4. dan BA.5 saat ini mulai menyebar ke beberapa negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terlepas dari apa yang mungkin banyak orang percayai, Covid-19 masih belum hilang. Afrika Selatan baru-baru ini mengidentifikasi dua subvarian baru Omicron, disebut BA.4 dan BA.5. Subvarian ini kini telah menyebar ke beberapa negara lain, termasuk Inggris dan Amerika Serikat. 

Haruskah kita khawatir tentang mereka? Alpha, Beta, Gamma, Delta, Omicron, adalah daftar varian SARS-CoV-2 yang terus berkembang. Dan semua orang mulai terbiasa dengan satu varian baru yang terus muncul. Afrika Selatan menjadi salah satu dari sedikit negara yang masih mengurutkan sejumlah besar tes Covid-19.

Baca Juga

Afrika Selatan melihat peningkatan pesat dalam tes positif Covid-19, dan mereka percaya bahwa itu didominasi BA.4 dan BA.5. Institut Nasional Penyakit Klinis di Afrika Selatan melaporkan bahwa BA.4 dan BA.5 adalah virus Omicron dengan kombinasi mutasi baru.

Dilansir dari medical news today, Sabtu (21/5/2022), para ilmuwan di negara ini pertama kali mendeteksi BA.4 pada 10 Januari 2022, dan sejak itu menyebar ke seluruh Afrika Selatan, sekarang menjadi 35 persen dari tes positif. BA.5 diidentifikasi pada 25 Februari, dan sekarang menyumbang 20 persen kasus di beberapa wilayah Afrika Selatan.

BA.4 dan BA.5 memiliki mutasi identik pada protein lonjakannya (bagian dari virus yang menempel pada reseptor sel manusia) yang membedakannya dari BA.2. Setiap subvarian memiliki mutasi yang berbeda di area virus lainnya.

Profesor Penyakit Menular di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt di Nashville, Prof William Schaffner, mengatakan banyak pakar yang telah mempelajari mutasi varian Covid-19 ini. Mereka bisa berubah lebih cepat dari yang sudah diduga sebelumnya.

“Secara berkala kami mendapatkan varian baru utama, itu perubahan besar. Tapi kami juga mendapatkan sedikit, apa yang kami sebut ‘varian melayang’. Kita bisa menganggap mereka sebagai anggota keluarga yang sama, seperti sepupu,” kata dia.

Meskipun jumlah yang tercatat untuk kedua varian saat ini rendah, jumlah kasus sebenarnya cenderung jauh lebih tinggi. Tanpa urutan tes positif, varian penyebab Covid-19 tidak dapat diidentifikasi.

Pada 12 Mei 2022, ECDC mengklasifikasi ulang BA.4 dan BA.5 sebagai varian yang menjadi perhatian. Ini mengikuti peningkatan tajam dalam kasus di Portugal, di mana Institut Kesehatan Nasional Portugal memperkirakan pada 8 Mei 2022 bahwa BA.5 mendominasi sekitar 37 persen semua kasus positif.

ECDC melaporkan bahwa meskipun belum ada bukti peningkatan keparahan dibandingkan varian sebelumnya, BA.4 dan BA.5 tampaknya lebih menular. Kabar baik dari GAVI (aliansi vaksin), meskipun antibodi dari penyintas Omicron tampaknya tidak memberikan banyak perlindungan terhadap varian baru, antibodi dari vaksinasi tampaknya jauh lebih efektif.

Namun, ada kekhawatiran bahwa orang-orang mulai kelelahan vaksin. Karena akan sulit membujuk orang untuk divaksin lagi dan lagi, padahal semakin banyak orang yang divaksin maka semakin bisa mengurangi kemungkinan varian baru bermunculan.

Kemungkinan BA.4 dan BA.5 akan menyebar lebih jauh, dan mereka tidak akan menjadi varian baru terakhir. Perlu adanya sistem pengawasan internasional yang terkoordinasi, dan yang penting adalah urutan virus, untuk mendeteksi subvarian minor ini.

Kemungkinan besar, Covid-19 dalam bentuk apa pun akan bersama kita selama beberapa tahun mendatang. Pertanyaan kuncinya adalah, dapatkah kita mengendalikannya saat kita mencoba mengembalikan kehidupan normal?

“Karena kita telah berpindah dari fase pandemi ke endemi, bagaimana kita akan mengatasinya? Apakah kita akan melakukan semacam gencatan senjata yang penuh dengan virus ini? Kami belum menemukan cara untuk melakukannya,” kata Prof Schaffner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement