Ahad 22 May 2022 09:12 WIB

Sebanyak 110 Karya Seni Tampil di Erlangga Art Awards 2022

Erlangga Art Awards 2022 digelar 14 Mei hingga 12 Juni 2022.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Irwan Kelana
Penerbit Erlangga menggelar pameran seni Erlangga Art Awards 2022, tanggal 14 Mei hingga 12 Juni 2022.
Foto: Dok Penerbit Erlangga
Penerbit Erlangga menggelar pameran seni Erlangga Art Awards 2022, tanggal 14 Mei hingga 12 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerbit Erlangga menyelenggarakan pameran seni Erlangga Art Awards 2022 di Museum Nasional, Jakarta, dengan tema Indonesia Negara Pemenang. Gelaran pameran ini berlangsung pada 14 Mei hingga 12 Juni 2022.

Sejumlah karya lukisan, fotografi, film pendek, seni instalasi dari pekerja seni muda dan pelajar Indonesia  dipamerkan dalam Erlangga Art Awards 2022. Selain kegiatan pameran seni,  ada kegiatan workshop, hiburan, serta malam puncak anugerah pemenang kompetisi Erlangga Art Awards 2022 yang telah dilaksanakan pada Maret hingga April 2022.

Assistant Managing Director untuk Young Readers, Reference and Digital Products Penerbit Erlangga, Fikri Somyadewi  mengatakan,  kegiatan Erlangga Art Awards merupakan bagian dari rangkaian perayaan hari jadi ke-70 Penerbit Erlangga. Kegiatan ini bertujuan mengasah talenta pelajar, mahasiswa, serta masyarakat umum. 

“Kami ingin memberikan ruang berekspresi, serta meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan pelajar dan masyarakat,” ujarnya dalam pembukaan acara tersebut belum lama ini. 

Total karya yang dipamerkan pada pameran Erlangga Art Awards ada 110 karya yang terdiri atas 24 karya lukis, 16 karya fotografi, 24 karya film pendek, 30 karya seni instalasi, dan 16 karya puisi. “Semua karya yang dipamerkan adalah hasil karya pelajar dan masyarakat umum yang bertajuk Indonesia Negara Pemenang,” jelasnya.

Kegiatan Erlangga Art Awards 2022 juga melibatkan para seniman, penyair, komposer, dan fotografer profesional yang hebat dan andal, di antaranya Heri Dono, Dolorosa Sinaga, Peri Sandi Huizche, Dinda Kanya Dewi, Bemby Gusti, Farah Wardani, Edward Tigor Siahaan, Arbain Rambey, Esti Nurjadin, Naufal Abshar, Dr  Ibnu Wahyudi MA, Bunga Yuridespita, Gunnar Nimpuno, Cahyo Agung N, Monica Gunawan, dan Dr  Firman Hadiansyah  MHum. 

“Mereka adalah pekerja seni di Indonesia yang sangat produktif dan menginspirasi. Kami sangat berterima kasih karena mereka sudah berkenan membantu dalam proses penyelenggaraan kegiatan kami,” papar Fikri.

Sementara itu, puncak dari kegiatan Erlangga Art Awards 2022 adalah pengumuman para pemenang lomba Painting Festival, Photography Festival, Creative Poetry Festival, dan Documentary Film Competition yang akan berlangsung pada 21 Mei 2022, pukul 18.30 hingga 21.00 WIB. 

“Lomba ini telah dilaksanakan pada Maret hingga April 2022, diikuti total hampir 6.000 peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, masyarakat umum dengan total hadiah Rp 540 juta,” ujar Fikri.

Sementara itu, Heri Dono mengatakan kreativitas seni yang lahir melalui ruang-ruang imajinasi, inspirasi, fantasi, dan lain-lain yang membentuk kebenaran persepsi manusia yang multitafsir menjadi ajang penting di samping keberadaan logika, filsafat, sains  dan teknologi.

Kompetisi ini dapat menginspirasi platform edukasi dan kebudayaan serta memberikan wacana dan ide-ide segar bagi kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia.  Tema “Indonesia Negara Pemenang” sangat kontekstual dalam menggambarkan optimisme dan harapan yang tinggi bagi masa depan baru negara Indonesia. “Saya berharap acara ini akan terus berlanjut dengan wacana global yang berskala internasional,” tambahnya

Di usianya yang ke-70, Penerbit Erlangga akan terus berkomitmen untuk berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Hal yang dilakukan adalah dengan menghasilkan berbagai produk edukatif bermutu untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari prasekolah sampai perguruan tinggi dan bahkan untuk kalangan umum/profesional.

Tidak hanya menghasilkan berbagai produk edukatif, Penerbit Erlangga juga aktif terlibat dalam kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas guru dan siswa, baik itu berupa pelatihan-pelatihan, seminar, lomba, maupun kegiatan edukatif lainnya. 

Pemenang Erlangga Art Awards 2022

Kompetisi Erlangga Art Awards 2022 tema ‘Indonesia Negara Pemenang’ rampung digelar setelah berlangsung selama dua bulan pada Maret sampai April 2022, juara dari kegiatan lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Penerbit Erlangga ini telah diumumkan Sabtu (21/5) malam pada gelaran Art Awards Night di Jakarta. 

Adapun lomba itu meliputi Painting Festival, Photography Festival, Creative Poetry Festival, Installation Art Festival dan Documentary Film Competition.

Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga Irving William PW mengucapkan selamat kepada seluruh juara dan terima kasih kepada semua peserta yang telah mengikuti kompetisi, serta kepada semua pihak panitia maupun para juri lomba. 

“Karya yang dikirimkan ke kami semuanya bagus. Kami sangat menghargai kerja keras setiap peserta, namun dalam setiap kompetisi kami harus memilih yang terbaik,” jelas Irving

Ia menambahkan kompetisi ini diikuti hampir 6.000 peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, masyarakat umum dengan total hadiah Rp 540 juta. Setiap peserta mengirimkan hasil karyanya berupa gambar atau video yang diunggah ke sosial media peserta dan dinilai oleh tim juri yang berkompeten.

“Tahun 2022 bertepatan dengan 70 tahun usia Penerbit Erlangga, aktivitas ini senapas dengan semangat kami sebagai perusahaan pendidikan untuk terus menyediakan wadah bagi pelajar dan masyarakat di Indonesia agar dapat mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki sesuai bidangnya," ujar Irving.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement