Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Cara Lindungi Diri Terhindar dari Cacar Monyet

Ahad 22 May 2022 02:26 WIB

Rep: Santi Sopia / Red: Nashih Nashrullah

Primata monyet bisa menularkan penyakit cacar monyet atau monkeypox ke manusia.

Primata monyet bisa menularkan penyakit cacar monyet atau monkeypox ke manusia.

Foto: Public Domain Pictures
Cacar monyet dilaporkan telah menjangkiti 11 negara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wabah cacar monyet (monkeypox) sedikitnya telah dilaporlan di 11 negara. Seseorang dapat mengurangi risiko dengan membatasi kontak dengan orang yang dicurigai atau dikonfirmasi monkeypox.

Organisasi Kesehatan Dunia dalam pernyataannya Jumat (20/5/2022) lalu, menyatakan jika memang perlu melakukan kontak fisik dengan seseorang yang menderita cacar monyet dikarenakan alasan tertentu, seperti pekerjaan, tinggal bersama, upayakan orang yang terinfeksi mengisolasi diri dan menutupi setiap lesi (luka) kulit mereka.

Baca Juga

Dorong mereka untuk menutup ruam dengan pakaian yang dikenakan. Ketika secara fisik harus dekat dengan penderita, mereka harus memakai masker medis, terutama jika batuk atau memiliki luka di mulutnya. 

“Anda harus memakai satu masker juga. Hindari kontak kulit ke kulit bila memungkinkan dan gunakan sarung tangan sekali pakai jika Anda memiliki kontak langsung dengan lesi. Kenakan masker saat menangani pakaian atau tempat tidur apa pun jika orang tersebut tidak dapat melakukannya sendiri,” demikian laporan WHO, seperti dikutip dari laman One India, Ahad (22/5/2022).

Bersihkan tangan secara teratur dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol, terutama setelah kontak dengan orang yang terinfeksi. Selain itu, jika menyentuh pakaian mereka, seprai, handuk, dan barang atau permukaan lain yang telah disentuh atau bahkan telah bersentuhan dengan mereka langsung. 

Gunakan alat makan yang berbeda. Cuci pakaian orang tersebut, handuk dan seprai dan peralatan makan dengan air hangat serta deterjen. Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang terkontaminasi dan buang limbah yang terkontaminasi misanya, pembalut dengan tepat.

Apa yang harus dilakukan jika mungkin memiliki monkeybox?

Jika merasa memiliki gejala atau pernah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang menderita cacar monyet, hubungi petugas kesehatan untuk mendapatkan saran, pengujian, dan perawatan medis. Jika memungkinkan, isolasi diri dan hindari kontak dekat dengan orang lain. Bersihkan tangan secara teratur dan lakukan langkah-langkah yang dianjurkan untuk melindungi orang lain dari infeksi. Petugas kesehatan akan mengumpulkan sampel untuk pengujian sehingga seseorang yang suspek bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Apakah ada vaksin untuk melawan monkeybox?

Ada beberapa vaksin yang tersedia untuk pencegahan cacar yang juga memberikan perlindungan terhadap cacar monyet. Vaksin baru yang dikembangkan untuk cacar (MVA-BN, juga dikenal sebagai Imvamune, Imvanex atau Jynneos) telah disetujui pada tahun 2019 untuk digunakan dalam mencegah cacar monyet dan belum tersedia secara luas. WHO bekerja sama dengan produsen untuk meningkatkan akses. 

 

Sumber: oneindia   

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile