Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tekuk Tuan Rumah Vietnam, Voli Putra Indonesia Raih Emas SEA Games 2022

Ahad 22 May 2022 08:59 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Medali emas. Ilustrasi

Medali emas. Ilustrasi

Foto: mccarthyford.co
Indonesia tampil trengginas dengan memenangkan seluruh set.

REPUBLIKA.CO.ID, QUANG NINH -- Voli Putra Indonesia meraih medali emas SEA Games 2022 Vietnam setelah mengalahkan tuan rumah Vietnam di partai final Voli Indoor dengan skor 3-0 yang berlangsung di Dai Yen Sports Arena, Quang Ninh, Ahad (22/5). Hasil ini sekaligus Indonesia berhasil mempertahankan gelar yang diraihnya di SEA Games 2019 Filipina.

Indonesia tampil menekan pada set pertama. Pertahanan Vietnam tak mampu membendung pukulan-pukulan keras pemain Indonesia. Indonesia pun unggul jauh hingga 13-7. Unggul enam angka, Indonesia bermain lebih nyaman.

Baca Juga

Namun tuan rumah terus mencoba mengejar ketertinggalan. Dukungan suporter tuan rumah menambah semangat juang mereka. Mereka berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 20-17.  Farhan dan kawan-kawan mampu keluar dari tekanan tuan rumah. Smash keras Rivan Nurmilki menutup set pertama untuk kemenangan Indonesia 25-22.

Indonesa tetap bermain menekan sejak awal set kedua. Meskipun Vietnam membuka skor 0-1 namun tim Garuda membalikkan keadaan menjadi 9-3. Rivan bermain bermain gemilang di pertandingan ini. Ia beberapa kali menghasilkan poin untuk Indonesia berkat smash kerasnya yang tak bisa dibendung pemain Vietnam.

Indonesia terus menjaga jarak keunggulan menjadi lima poin sejak skor 15-10, 19-14. Kesalahan smash dan blok yang sering dilakukan oleh Vietnam juga memberikan poin gratis kepada Indonesia. Tim Garuda pun kembali memenangkan pertandigan di  set kedua 25-18.

Sudah unggul 2-0, Indonesia tak mengendorkan tekanan pada set ketiga. Mereka memilih tetap tampil menekan. Hasilnya mereka langsung unggul jauh 7-3 di awal set ketiga. Kokohnya pertahanan Indonesia membuat Vietnam tampak frustasi menemukan celah menembus blok pertahanan lawan.

Smash keras pemain Vietnam hampir selalu bisa diblok. Adapun pertahanan buruk Vietnam menjadi sasaran empuk smash dari Rivan dan Farhan. Vietnam mencoba keluar dari tekanan dan mengejar ketertinggalan. Namun seperti di set pertama dan kedua, Indonesia terus menjaga jarak keunggulan lima poin sejak awal set.

Indonesia semakin dekat dengan raihan emas ketika skor keunggulan 19-11. Mereka semakin percaya diri bisa menyelesaikan pertandingan set ketiga dengan kemenangan. Indonesia pun memastikan kemenangan set ketiga dengan skor 25-15 setelah smash pemain Indonesia tak bisa diblok oleh pemain Vietnam.

Indonesia lolos ke final SEA Games 2022 setelah mengalahkan Kamboja di semifinal dengan skor 3-1. Adapun Vietnam menyingkirkan Thailand. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile