Senin 23 May 2022 05:10 WIB

4 Makanan-Minuman Ini Bisa Picu Kebutaan Total

Kasus kebutaan akibat konsumsi makanan tertentu dialami remaja 17 tahun.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Dokter memeriksa kesehatan mata pasien di Markas PMI Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021). Makanan-minuman tertentu dapat memicu kebutaan.
Foto:

Akan tetapi, remaja lelaki tersebut dikenal sebagai anak yang memilih-milih makanan. Sejak lulus sekolah dasar, remaja tersebut hanya mau mengonsumsi kentang goreng, keripik kentang Pringles, roti putih, dan daging olahan.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa diet tak sehat tersebut membuat remaja itu mengalami defisiensi vitamin B12 dan anemia makrositik. Anemia makrositik merupakan kondisi di mana ukuran sel darah merah lebih besar dibandingkan seharusnya.

Setelah mendapatkan terapi injeksi B12, remaja tersebut dianjurkan untuk memperbaiki pola makan. Akan tetapi, anjuran tersebut tidak dilakukan. Remaja ini tetap menghindari berbagai makanan yang teksturnya tidak dia sukai dan hanya mengonsumsi makanan cepat saji yang selama lebih dari 10 tahun terakhir kehidupannya.

Satu tahun kemudian, remaja tersebut kembali ke dokter dengan keluhan kehilangan pendengaran dan gangguan penglihatan. Lalu saat memasuki usia 17 tahun, kondisi penglihatan remaja tersebut memburuk secara progresif hingga mencapai kebutaan.

"Pada saat kondisinya terdiagnosis, pasien tersebut telah mengalami gangguan penglihatan permanen," jelas laporan dalam Annals of Internal Medicine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement