Senin 23 May 2022 14:09 WIB

Kedutan Juga Bisa Jadi Pertanda Adanya Kanker, Jangan Diabaikan

Beberapa jenis kanker dapat menyebabkan terjadinya kedutan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Mata (ilustrasi). Kedutan di mata bisa juga dipicu oleh keberadaan tumor otak.
Foto: Pixabay
Mata (ilustrasi). Kedutan di mata bisa juga dipicu oleh keberadaan tumor otak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedutan pada otot bisa disebabkan oleh beragam hal, mulai dari konsumsi kafein hingga aktivitas olahraga. Penyebab lain dari kedutan yang jarang diketahui adalah kanker.

Menurut para ahli, dua bagian tubuh yang rentan untuk mengalami kejang akibat kanker adalah mata dan kaki. Akan tetapi, lokasi terjadinya kedutan sangat bergantung pada area tubuh mana yang terdampak oleh kanker.

Baca Juga

Pada kasus kanker, kedutan bisa terjadi ketika kanker sudah menyebar dan mencapai area-area tubuh yang menjadi tempat berpusatnya saraf-saraf. Ketika hal ini terjadi, otot bisa mengalami kedutan, kejang, atau sentakan.

Ada beberapa jenis kanker yang diketahui dapat menyebabkan terjadinya kedutan. Beberapa jenis kanker yang kerap memicu kedutan pada area kaki adalah kanker prostat, kanker paru, dan kanker payudara. Ketiga jenis kanker ini diketahui memiliki kemampuan untuk menyebar yang tinggi.

Kanker prostat, kanker paru, dan kanker payudara bisa memicu kedutan pada area kaki bila sel-sel kanker telah menyebar ke saraf tulang belakang. Ketika saraf tulang belakang sudah terdampak, masalah seperti kedutan atau kejang di tungkai kaki, pergelangan kaki, dan telapak kaki bisa terjadi.

Dua jenis kanker darah lain, yaitu myeloma dan leukaemia, juga dapat menyebar ke area saraf tulang belakang. Kondisi ini umumnya terjadi ketika keganasan bermula dari sel darah putih atau sel plasma yang berada di sumsum tulang. Beberapa gejala yang bisa ditimbulkan adalah kedutan, kejang, atau sentakan yang terjadi di otot sebanyak satu kali atau lebih.

Saat kanker sudah menyebar ke tulang belakang, pasien juga dapat mengalami kehilangan kesadaran dan kehilangan kemampuan otot untuk berkontraksi secara refleks. Kondisi ini bisa diikuti dengan episode-episode kedutan atau relaksasi otot yang sporadis atau kehilangan kontrol sepenuhnya atas fungsi tubuh.

Pada mata, kedutan bisa dipicu oleh keberadaan tumor otak. Tumor yang muncul di otak bisa mengiritasi neuron-neuron otak dan memicu terjadinya kedutan atau kontraksi pada otot.

"Bila tumor muncul di lobus oksipital, lobus temporal, atau batang otak, pasien bisa mengalami penglihatan ganda atau penglihatan kabur. Indikator lainnya adalah kedutan mata," ungkap dokter Monika Wassermann MD dari Oliolussio, seperti dilansir Express, Senin (23/5/2022).

Meningioma juga diketahui dapat mempengaruhi sistem saraf. Menurut Brigham and Women's, meningioma merupakan jenis tumor otak yang paling banyak pada orang dewasa. Sekitar 85-90 persen meningioma dikategorikan sebagai tumor jinak, dan sebanyak 10-15 persen lainnya merupakan jenis atipikal atau ganas.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ ۗ فَاِنْ اُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ وَلَا تَحْلِقُوْا رُءُوْسَكُمْ حَتّٰى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهٗ ۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ بِهٖٓ اَذًى مِّنْ رَّأْسِهٖ فَفِدْيَةٌ مِّنْ صِيَامٍ اَوْ صَدَقَةٍ اَوْ نُسُكٍ ۚ فَاِذَآ اَمِنْتُمْ ۗ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ اِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗذٰلِكَ لِمَنْ لَّمْ يَكُنْ اَهْلُهٗ حَاضِرِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Tetapi jika kamu terkepung (oleh musuh), maka (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka dia wajib berfidyah, yaitu berpuasa, bersedekah atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, maka barangsiapa mengerjakan umrah sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Tetapi jika dia tidak mendapatkannya, maka dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (musim) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itu seluruhnya sepuluh (hari). Demikian itu, bagi orang yang keluarganya tidak ada (tinggal) di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukuman-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 196)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement