Puan Maharani Harap Cabang Mother of Sports Lebih Kinclong di SEA Games 2023

SEA Games 2023 Kamboja harus dipersiapkan secara matang

Senin , 23 May 2022, 09:23 WIB
Perenang Indonesia Angel Gabriella Yus melakukan lompatan start pada final renang nomor estafet gaya bebas putri 4x200M SEA Games di Aquatic Sport Palace, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022). Tim putri Indonesia finis pada posisi ketiga dengan catatan waktu 8 menit 26,24 detik dan meraih medali perunggu.
Foto: ANTARA/Zabur Karuru
Perenang Indonesia Angel Gabriella Yus melakukan lompatan start pada final renang nomor estafet gaya bebas putri 4x200M SEA Games di Aquatic Sport Palace, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022). Tim putri Indonesia finis pada posisi ketiga dengan catatan waktu 8 menit 26,24 detik dan meraih medali perunggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua DPR Puan Maharani mendorong capaian kontingen Indonesia pada SEA Games 2021 Vietnam menjadi pelecut semangat Timnas Indonesia meningkatkan prestasi pada SEA Games ke-32 yang rencananya akan digelar di Kamboja pada Mei 2023 mendatang. 

Salah satu yang mendapat sorotan Puan Maharani adalah prestasi Indonesia di cabang mother of sports seperti atletik, renang, dan senam. Dalam catatan Puan, target perolehan medali di cabang olah raga ini meleset banyak di SEA Games 2021.

“SEA Games 2023 Kamboja harus dipersiapkan secara matang. Saya sangat berharap cabang mother of sports bisa lebih unjuk gigi tahun depan,” kata Puan, Senin (23/5/2022).

“Dalam ajang SEA Games 2021 Vietnam, saya melihat untuk cabang mother of sports, kita banyak kecolongan medali. Dengan potensi yang ada, kita harus perkuat lagi cabang olahraga ini. Saya harap pemerintah menjadikan hal ini sebagai bahan evaluasi, agar pembinaan untuk cabang mother of sports ke depan terus ditingkatkan,” tambah Puan, dalam siaran persnya.

Sebagai catatan, Indonesia hanya meraih 2 medali emas dari target 5 emas dalam cabang atletik. Di cabor atletik, ada 47 event yang dipertandingkan. 

Untuk cabor renang, Indonesia membawa pulang dua medali emas, dari 48 event. Meleset dari target yang dipatok lima emas. Sementara, untuk senam, Indonesia hanya menyabet dua medali emas dari 21 event yang dipertandingkan.

“Perolehan medali emas dalam cabang mother of sports belum sesuai target, angkanya masih jauh di bawah number of events yang dipertandingkan. Sebagai cabor unggulan, saya mendorong organisasi induk cabang mother of sports menyusun program hingga strategi yang matang untuk meningkatkan prestasi di cabang ini,” tambah Puan.

Selain catatan untuk cabang mother of sports, secara khusus, Puan bangga karena Indonesia untuk pertama kali berhasil mendapatkan emas untuk cabang olah raga Basket setelah mengalahkan Filipina pada SEA Games 2021.

“Di SEA Games 2021, kita berhasil mencatatkan sejarah karena untuk pertama kalinya sejak mengikuti SEA Games pada 1977, tim basket Indonesia bisa mendapatkan medali emas,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

“Apalagi Indonesia berhasil mengalahkan Negara yang unggul di cabang olahraga basket. Kini Timnas Basket Putra Indonesia sudah diperhitungkan di level Asia Tenggara,” imbuh Puan bangga.

Mantan Menko PMK itu berharap keberhasilan tim Merah Putih pada SEA Games 2021 akan membuat Indonesia semakin diakui dalam ajang olah raga dunia, termasuk untuk menjadi pemacu semangat Timnas dalam mempersiapkan pertandingan untuk SEA Games 2023 mendatang.

“Karena keberhasilan ini merupakan keberhasilan seluruh bangsa Indonesia. Timnas Indonesia harus semakin menunjukkan prestasinya pada ajang-ajang olah raga yang akan datang dan terus mengharumkan nama bangsa,” pungkasnya.