Senin 23 May 2022 17:10 WIB

Uni Eropa Izinkan Vaksin Vaxzevria Sebagai Booster

Vaksin Vaxzevria diproduksi oleh AstraZeneca.

Red: Indira Rezkisari
AstraZeneca mengembangkan vaksin Covid-19 Vaxzevria. Vaksin tersebut telah diizinkan menjadi penguat (booster) bagi orang dewasa.
Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
AstraZeneca mengembangkan vaksin Covid-19 Vaxzevria. Vaksin tersebut telah diizinkan menjadi penguat (booster) bagi orang dewasa.

REPUBLIKA.CO.ID, CAMBRIDGE -- Produsen obat AstraZeneca pada Senin (23/5/2022) mengatakan vaksin Covid-19 buatannya, Vaxzevria, diizinkan menjadi penguat (booster) bagi orang dewasa. Keputusan tersebut dikeluarkan oleh regulator obat Uni Eropa.

Vaksin tersebut kini dapat digunakan sebagai booster bagi penerima vaksin primer Vaxzevria atau penerima vaksin mRNA seperti Pfizer-BioNTec atau Moderna. "Memastikan durasi perlindungan imun yang lebih lama sangat penting untuk pengendalian Covid-19 jangka panjang secara global dan booster mampu mengatasi penurunan perlindungan dari waktu ke waktu yang sudah terlihat pada semua program vaksin primer hingga saat ini," kata wakil presiden eksekutif riset dan pengembangan biofarmasi AstraZeneca lewat pernyataan.

Baca Juga

Komite Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) memberikan dukungannya untuk Vaxzevria sebagai booster Kamis lalu. Keputusan keluar hanya beberapa pekan setelah regulator mendukung penggunaan Comirnaty buatan Pfizer-BioNTech sebagai booster pada orang dewasa yang sebelumnya menerima vaksin merek lain.

Sejumlah pengembang vaksin mengindikasikan bahwa sebagian besar vaksin tahun ini akan dijadikan sebagai dosis penguat atau dosis pertama pada anak-anak yang masih menunggu persetujuan regulator secara global. Keputusan akhir tentang penggunaan produk di Uni Eropa biasanya diputuskan oleh Komisi Eropa, dilansir dari Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement