Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

KRI Makassar Disiapkan Jadi Hotel Terapung Dukung MXGP Samota

Senin 23 May 2022 20:25 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

KRI Makassar 590. KRI Makassar 590 milik TNI AL direncanakan akan menjadi hotel terapung bagi para kru dan pembalap dalam mendukung perhelatan Motorcross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24-26 Juni 2022.

KRI Makassar 590. KRI Makassar 590 milik TNI AL direncanakan akan menjadi hotel terapung bagi para kru dan pembalap dalam mendukung perhelatan Motorcross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24-26 Juni 2022.

Setidaknya ada 500 kamar di KRI Makassar yang nantinya bisa menampung kru MXGP.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- KRI Makassar 590 milik TNI AL direncanakan akan menjadi hotel terapung bagi para kru dan pembalap dalam mendukung perhelatan Motorcross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24-26 Juni 2022.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi mengatakan, hotel berbintang di Sumbawa yang sudah dipesan oleh kru dan pembalap MXGP sebanyak tujuh hotel dengan jumlah kamar sebanyak 205 kamar. Namun ada KRI Makassar 590 yang akan disiapkan oleh penyelenggara untuk berlabuh di Pelabuhan Badas.

Baca Juga

"Ada tambahan dari KRI yang disiapkan setara bintang tiga kamarnya. Nanti Dinas Perhubungan yang membantu kita mengkomunikasikan itu," kata Yusron Hadi di Mataram, Senin (23/5/2022).

Ia mengatakan, setidaknya ada 500 kamar di KRI Makassar yang nantinya bisa menampung kru MXGP. Jika hotel berbintang di Sumbawa sebanyak 205 ditambah dengan kamar di KRI sebanyak 500 unit, maka akan tersedia setidaknya sebanyak 700 kamar untuk menampung para kru dan pembalap MXGP.

"Jumlah tersebut lebih dari cukup, sehingga para penonton juga bisa memanfaatkan KRI sebagai akomodasi saat kegiatan berlangsung," ujarnya.

Masyarakat juga bisa menggunakan kapal itu karena tidak semua kru pembalap menggunakan itu. Hotel-hotel yang lain juga banyak yang tersedia, termasuk potensi camping ground yang ada di sana.

Yusron menjelaskan, beberapa waktu lalu ia sudah mengunjungi Samota dan beberapa kawasan wisata lainnya dalam rangka melihat dari dekat persiapan MXGP. Salah satunya adalah Pantai Ai Lemak, yang terletak di kawasan Tanjung Menangis Sumbawa. Di sini terdapat 1.000 camping ground, pameran ekraf, pentas musik, dan kuliner yang akan disiapkan saat berlangsungnya MXGP.

Begitu juga di Pantai Ai Loang yang terletak di Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara menyajikan alam yang indah dan fasilitas camping yang memadai selama balapan berlangsung. Para pelaku atau biro perjalanan sudah menyiapkan paket wisata untuk mendukung MXGP agar berlangsung lancar dan berkesan.

Pekan depan kata Yusron, semua pimpinan OPD Pemprov NTB akan turun ke Sumbawa guna mematangkan kegiatan MXGP Samota. Setiap OPD akan memberi kontribusi terhadap kesuksesan kegiatan internasional tersebut.

"Agenda itu diproyeksikan akan ditonton oleh 50.000 orang sampai 100.000 orang penonton dengan jumlah penonton lokal sekitar 80 persen," kata dia.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile