Selasa 24 May 2022 11:26 WIB

10 Tahun tak Pernah Senyum, Raja Arab Saudi Tertawa Mendengar Humor Gus Dur

Warga Arab Saudi heran Raja Fahd yang sejak naik takhta tak pernah tersenyum, bisa tertawa terbahak-bahak mendengar cerita humor dari Presiden Gus Dur.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
.

Presiden Gus Dur dan Raja Fahd. Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi obat mujarab bagi Raja Fahd, penguasa Arab Saudi. Foto: IST.
Presiden Gus Dur dan Raja Fahd. Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi obat mujarab bagi Raja Fahd, penguasa Arab Saudi. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi obat mujarab bagi Raja Fahd, penguasa Arab Saudi. Sebab, Raja Fahd yang diketahui sudah 10 tahun tidak pernah tersenyum bahkan sejak naik takhta, tertawa terbahak-bahak mendengar humor Gus Dur.

Guyonan memang menjadi senjata Gus Dur untuk berdiplomasi atau melobi sesuatu. Seperti saat bertemu dengan Raja Fahd yang pertahanannya jebol ketika bertemu Gus Dur. Jangankan tertawa hingga terlihat gigi serinya, Raja Fahd diketahui jarang sekali terlihat tersenyum. Namun, di hadapan Gus Dur, Raja Fadh sampai tertawa terpingkal-pingkal.

BACA JUGA: Alasan Arab Saudi Larang Warganya ke Indonesia, Benarkah karena Terorisme?

Ceritanya ketika Gus Dur mengunjungi Raja Fadh yang memerintah Arab Saudi dari 1982--2005. Dalam satu videonya Gus Dur meminta Raja Fadh tidak gampang percaya kepada rakyat Indonesia. Sebab, menurut Gus Dur, rakyat Indonesia banyak yang pintar berbahasa Arab, tetapi bahasa Arab yang dikuasai adalah bahasa Arab yang dipelajari dari kitab-kitab lama.