Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Juan Laurent: Ada Bolden dan Derrick, Jadi Lebih Pede

Selasa 24 May 2022 06:53 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Guard timnas basket putra Juan Laurent Kokodiputra melepaskan tembakan pada pertandingan SEA Games Vietnam.

Guard timnas basket putra Juan Laurent Kokodiputra melepaskan tembakan pada pertandingan SEA Games Vietnam.

Foto: Ariya Kurniawan/Perbasi
Juan Laurent juga merasakan dampak kehadiran coach Milos Pejic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang shooter akan lebih nyaman jika memiliki reka satu tim berpostur tinggi dan kuat dalam rebound. Sebab, ia jadi lebih yakin akan ada rekan yang mengamankan bola andai tembakan tidak masuk. 

 

Itu yang dirasakan Juan Laurent Kokodiputra saat memperkuat timnas basket Indonesia di SEA Games Vietnam. Skuad timnas basket putra di SEA Games mendapatkan tambahan pemain Derrick Michael (203cm) dan Marques Bolden (209 cm). Kehadiran mereka di bawah ring membuat Juan lebih percaya diri saat melepaskan tembakan.

Baca Juga

"Selama ini kita kekurangan bigman, jadi dengan adanya Derrick dan Bolden ini membuat kami nyaman. Saat menembak jadi lebih pede. Kalau tidak masuk yakin kita akan dapat rebound," kata Juan saat ditemui Republika.co.id di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Selasa (24/5/2022).

Selain itu lanjut Juan, kehadiran mereka juga membuat lawan gentar. Semenjak ada Bolden dan Derrick, lawan juga menjadi lebih fokus menjaga paint area. Apalagi, kata dia, Bolden pemain berpengalaman.

Juan menyatakan medali emas yang diraih awalnya bukan target di SEA Games 2021. Namun ia bersyukur timnas basket putra bisa mengalahkan Filipina meskipun dari awal tidak ada target medali emas.

"Di laga terakhir, kami bermain sebagai tim dengan percaya satu sama lain. Hal itu jadi satu di antara kunci kemenangan lawan Filipina," kata dia menambahkan.

Untuk evaluasi pribadi, ia mengaku masih harus tetap belajar dari segi menembak dan menjaga jarak dengan rekan. Ia mengatakan, agenda timnas basket putra terdekat akan berlaga di window 3 kualifikasi FIBA World Cup 2023. Setelah itu tampil di FIBA Asia Cup 2022. "Kami akan kumpul latihan tanggal 31 Mei 2022," ungkap Juan.

Perihal waktu bermain yang diberikan Coach Milos Pejic cukup banyak, Juan menegaskan itu semua keputusan pelatih. "Balik lagi, kalau disuruh bermain banyak, pasti berusaha membayar kepercayaan," kata Juan.

Bergabungnya Milos bersama Rajko Toroman, menurut Juan membuat hasilnya menjadi lebih baik. "Untuk urusan offense coach Toro, defense coach Milos. Sejak dilatih coach Milos, defense juga jauh lebih baik," kata Juan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile