Selasa 24 May 2022 14:44 WIB

BMKG Ingatkan Banjir Rob Berpotensi Terjadi Hingga 25 Mei 2022

Fenomena pasang dipengaruhi fase bulan purnama dan kondisi perigee.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ilham Tirta
Foto udara kondisi terpaan gelombang ombak air laut yang menyebabkan banjir rob (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Foto udara kondisi terpaan gelombang ombak air laut yang menyebabkan banjir rob (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Pusat Meterologi Maritim telah merilis fenomena penyebab tingginya genangan banjir rob di pesisir utara Jawa Tengah. Berdasarkan analisis Pusat Meterologi Maritim, fenomena pasang ini dipengaruhi oleh adanya fase bulan purnama dan kondisi Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) hingga berdampak banjir di pesisir.

Tercatat mulai terjadi sejak tanggal 14 Mei 2022 hingga hari ini, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini periode pasang surut air laut sebagai peringatan terhadap potensi genangan (banjir) di wilayah pesisir. Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo MT mengatakan, potensi banjir pesisir, termasuk di pesisir Jawa Tengah, masih akan terjadi hingga Rabu (25/5/2022), besok.

Baca Juga

Meliputi wilayah pesisir Pantai Tegal, Wonokerto-Pekalongan, Pantai Sari-Pekalongan, Pantai Batang, Pantai Tawang Kendal, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jalan Raya Genuk (Semarang-Demak), Pantai Karang Tengah Demak dan Pantai Rembang.

Selain faktor curah hujan di beberapa wilayah, lanjut Eko, terjadinya gelombang tinggi di Laut Jawa yang mencapai 1,25 - 2,5 meter juga memberikan dampak terhadap peningkatan banjir rob di wilayah pesisir Jawa Tengah tersebut. Ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah. Namun demikian, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat, di sekitar pelabuhan dan pesisir seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Untuk itu, masyarakat dihimbau menyiapkan upaya mitigasi dan adaptasi untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir tersebut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG. “Baik di  Call center 021-6546315/18: Call center BMKG 196, website http://maritim.bmkg.go.id atau juga bisa follow twitter dan Instagram @BMKGmaritim atau langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” jelasnya.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement