Selasa 24 May 2022 22:25 WIB

Lantik Prof Agussani sebagai Rektor UMSU, Ini Pesan Ketum Muhammadiyah  

Rektor Umsu Prof Agussani dilantik untuk periode 2022-2024

Red: Nashih Nashrullah
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Dr Agussani. Rektor Umsu Prof Agussani dilantik untuk periode 2022-2024
Foto: Dok Muhammadiyah
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Dr Agussani. Rektor Umsu Prof Agussani dilantik untuk periode 2022-2024

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN— Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyadresmi melantik Prof Dr Agussani, MAP sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Periode 2022-2024 di Auditorium UMSU Medan, Selasa (24/5/2022).

Pelantikan rektor diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) PPMuhammadiyah yang dibacakan oleh Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, PhD. 

Baca Juga

Dalam surat keputusandinyatakan bahwa Prof Agussani diberikan amanah dan tanggungjawab khusus dua tahun hingga 2024 untuk mempersiapkan kader pemimpin UMSU dalam dua tahun ke depan, setelah menjabat rektor periode pertama selama empat tahun.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, mengatakan Prof Agussani dilantik penuh dengan pertanggungjawaban tinggi secara lahir dan batin organisatoris dan dari berbagai pertimbangan.

Selama ini pondasi, arah dan akselerasi mampu ditunaikan Prof Agussani dalam menjalankan amanahnya menjadi pertimbangan utama.

"Kami tentu menyampaikan selamat menunaikan amanah. Kami percaya bahwa dalam melanjutkan amanah dari kepimpinan sebelumnya, hasil dari kolektif dan organisatoris dengan BPH, PW Muhammadiyah dan Aisyiyah, Pemerintah dan berbagai lembaga," ujarnya.

Dia mengatakan, ada tiga hal yang menjadi prinsip pergerakan Muhammadiyah yaitu kemajuan, kemodernan dan profesionalitas. Saat ini harus bisa menghadapi situasi-situasi baru dalam sistem digital, sistem daring dan bermedia sosial. Namun harus bisa memanfaatkan ruang dan sistem baru tersebut dengan penuh keadaban untuk kemajuan peradaban, bukan hanya untuk eforia.”

Sementara itu Prof Agussani, dalam pidato pelantikan melaporkan tentang progres UMSU dari tahun ke tahun khususnya pada 2020 saat pandemi Covid-19 menghambat pertumbuhan di segala aspek. Namun UMSU tetap berprogres ditunjukan dengan wajah barunya melalui pembangunan infrastruktur.

"UMSU terus berkembang, meski sempat mengalami masa-masa sulit, dimana tahun 2010 memiliki hutang Rp21 Miliar. Namun dengan komitmen yang akhirnya UMSU seperti sekarang ini,"katanya.

Dari sisi akademik, saat ini UMSU telah memiliki 3 Program Studi Unggul dengan Akreditasi Institusi A. Apa yang dicapai tidak lepas dari sinergitas Muhammadiyah dan UMSU yang berkomitmen untuk terus berusaha dan berpacu mengikuti program-program yang diberikan Pimpinan Pusat.

"Alhamdulillah di bawah bimbingan Pimpinan Majelis Diktilitbang dan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, UMSU berhasil meraih bintang empat QS Star.

Kami ucapkan terima kasih tak terhingga atas bimbingan selama ini dan dorongan yang luar biasa," ujar Prof Agussani.

Tidak hanya meraih bintang empat QS Star UMSU juga memiliki lahan kampus terpadu yang ada di Sampali seluas 21,8 hektare. Selain ituUMSU juga merenovasi infrastruktur Fakultas Kedokteran yang dirancang secara Internasional untuk menjawab akreditasi A Plt. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement