Rabu 25 May 2022 13:51 WIB

Sama-Sama Bisa Timbulkan Ruam, Ini Beda Gejala Cacar Monyet dan Covid-19

Ruam cacar monyet berbeda dengan ruam Covid-19.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo.  Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Ruam cacar monyet berbeda penampakannya dengan ruam Covid-19.
Foto:

Kadang-kadang, ruam bisa berkerak, berair, atau membentuk lepuh, namun cenderung tidak memengaruhi wajah. Sebagai perbandingan, ruam jenis gatal-gatal muncul tiba-tiba sebagai benjolan yang menonjol di kulit.

Benjolan ini akan datang dan pergi cukup cepat selama beberapa jam. Ruam tipe sarang dapat muncul di mana saja di tubuh, termasuk wajah.

"Ruam ini sangat gatal dan sering dimulai dengan rasa gatal yang hebat di telapak tangan atau telapak kaki, dan dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir dan kelopak mata," tulis ZOE.

Gejala lain yang dapat membantu mengidentifikasi infeksi Covid-19 meliputi demam, batuk yang terus menerus, kehilangan atau perubahan pada indra penciuman dan perasa, sesak napas, kelelahan, badan sakit, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau berair, kehilangan selera makan, dan diare.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ يَرَوْا كَمْ اَهْلَكْنَا مِنْ قَبْلِهِمْ مِّنْ قَرْنٍ مَّكَّنّٰهُمْ فِى الْاَرْضِ مَا لَمْ نُمَكِّنْ لَّكُمْ وَاَرْسَلْنَا السَّمَاۤءَ عَلَيْهِمْ مِّدْرَارًا ۖوَّجَعَلْنَا الْاَنْهٰرَ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمْ فَاَهْلَكْنٰهُمْ بِذُنُوْبِهِمْ وَاَنْشَأْنَا مِنْۢ بَعْدِهِمْ قَرْنًا اٰخَرِيْنَ
Tidakkah mereka memperhatikan berapa banyak generasi sebelum mereka yang telah Kami binasakan, padahal (generasi itu) telah Kami teguhkan kedudukannya di bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu. Kami curahkan hujan yang lebat untuk mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa-dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan generasi yang lain setelah generasi mereka.

(QS. Al-An'am ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement