Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sama-Sama Bisa Timbulkan Ruam, Ini Beda Gejala Cacar Monyet dan Covid-19

Rabu 25 May 2022 06:51 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo.  Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Ruam cacar monyet berbeda penampakannya dengan ruam Covid-19.

Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo. Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Ruam cacar monyet berbeda penampakannya dengan ruam Covid-19.

Foto: CDC via AP
Ruam cacar monyet berbeda dengan ruam Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun Covid-19 dikenal karena gejala seperti batuk, demam, serta hilangnya indra pengecap dan penciuman, namun banyak juga tanda lainnya yang hanya dialami beberapa orang. Setelah mengumpulkan data dari jutaan pengguna aplikasi ZOE Covid, studi melaporkan bahwa ruam juga bisa termasuk di antara tanda-tanda Covid-19.

Karena berita penyebaran cacar monyet terus menerus memenuhi internet, semua gambar menunjukkan satu gejala khas, yakni ruam. Salah satu penyakit cacar ini sering disalahartikan dengan cacar air.

Baca Juga

Cacar monyet dimulai dari bintik-bintik yang menonjol, yang akhirnya membentuk lepuh kecil berisi cairan. Lepuh akibat infeksi virus monkeypox ini kemudian membentuk keropeng yang akhirnya akan rontok.

Layanan kesehatan menjelaskan bahwa ruam cacar monyet biasanya muncul satu hingga lima hari setelah gejala pertama muncul. Jika dilihat dari lokasinya, ruam ini sering muncul di wajah, lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Selain itu, gejala infeksi lainnya juga dapat membantu membedakan cacar monyet dan Covid-19. NHS memaparkan perbedaan gejala cacar monyet, seperti demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, kelenjar membengkak, menggigil, dan kelelahan.

Jika menderita gejala cacar monyet, segera datangi layanan kesehatan. Sementara itu, hindari kontak dekat dengan orang lain.

Ruam Covid-19 terbagi dalam dua kategori utama, yakni biang keringat atau ruam tipe cacar air dan ruam tipe sarang. Jenis pertama muncul sebagai area kecil berupa benjolan merah yang gatal.

"Ruamnya dapat terjadi di mana saja di tubuh, biasanya dimulai di sekitar siku atau lutut serta bagian belakang tangan dan kaki," papar ZOE.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile