Rabu 25 May 2022 13:51 WIB

Sama-Sama Bisa Timbulkan Ruam, Ini Beda Gejala Cacar Monyet dan Covid-19

Ruam cacar monyet berbeda dengan ruam Covid-19.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo.  Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Ruam cacar monyet berbeda penampakannya dengan ruam Covid-19.
Foto: CDC via AP
Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo. Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Ruam cacar monyet berbeda penampakannya dengan ruam Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun Covid-19 dikenal karena gejala seperti batuk, demam, serta hilangnya indra pengecap dan penciuman, namun banyak juga tanda lainnya yang hanya dialami beberapa orang. Setelah mengumpulkan data dari jutaan pengguna aplikasi ZOE Covid, studi melaporkan bahwa ruam juga bisa termasuk di antara tanda-tanda Covid-19.

Karena berita penyebaran cacar monyet terus menerus memenuhi internet, semua gambar menunjukkan satu gejala khas, yakni ruam. Salah satu penyakit cacar ini sering disalahartikan dengan cacar air.

Baca Juga

Cacar monyet dimulai dari bintik-bintik yang menonjol, yang akhirnya membentuk lepuh kecil berisi cairan. Lepuh akibat infeksi virus monkeypox ini kemudian membentuk keropeng yang akhirnya akan rontok.

Layanan kesehatan menjelaskan bahwa ruam cacar monyet biasanya muncul satu hingga lima hari setelah gejala pertama muncul. Jika dilihat dari lokasinya, ruam ini sering muncul di wajah, lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Selain itu, gejala infeksi lainnya juga dapat membantu membedakan cacar monyet dan Covid-19. NHS memaparkan perbedaan gejala cacar monyet, seperti demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, kelenjar membengkak, menggigil, dan kelelahan.

Jika menderita gejala cacar monyet, segera datangi layanan kesehatan. Sementara itu, hindari kontak dekat dengan orang lain.

Ruam Covid-19 terbagi dalam dua kategori utama, yakni biang keringat atau ruam tipe cacar air dan ruam tipe sarang. Jenis pertama muncul sebagai area kecil berupa benjolan merah yang gatal.

"Ruamnya dapat terjadi di mana saja di tubuh, biasanya dimulai di sekitar siku atau lutut serta bagian belakang tangan dan kaki," papar ZOE.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلْيَوْمَ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۗ وَطَعَامُ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ حِلٌّ لَّكُمْ ۖوَطَعَامُكُمْ حِلٌّ لَّهُمْ ۖوَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الْمُؤْمِنٰتِ وَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ اِذَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ مُحْصِنِيْنَ غَيْرَ مُسَافِحِيْنَ وَلَا مُتَّخِذِيْٓ اَخْدَانٍۗ وَمَنْ يَّكْفُرْ بِالْاِيْمَانِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهٗ ۖوَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ ࣖ
Pada hari ini dihalalkan bagimu segala yang baik-baik. Makanan (sembelihan) Ahli Kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal bagi mereka. Dan (dihalalkan bagimu menikahi) perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara perempuan-perempuan yang beriman dan perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan bukan untuk menjadikan perempuan piaraan. Barangsiapa kafir setelah beriman, maka sungguh, sia-sia amal mereka, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.

(QS. Al-Ma'idah ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement