Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

 

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Menlu Turki Kunjungi Israel

Rabu 25 May 2022 07:27 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlut Cavusoglu dijadwalkan bertemu dengan Menlu Israel Yair Lapid di Israel pada Rabu (25/5/2022) waktu setempat.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlut Cavusoglu dijadwalkan bertemu dengan Menlu Israel Yair Lapid di Israel pada Rabu (25/5/2022) waktu setempat.

Foto: AP/Virginia Mayo
Cavusoglu menjadi menlu Turki pertama yang mengunjungi Israel dalam 15 tahun,

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlut Cavusoglu dijadwalkan bertemu dengan Menlu Israel Yair Lapid di Israel pada Rabu (25/5/2022) waktu setempat. Perjalanan Cavusoglu menjadikannya menlu Turki pertama yang mengunjungi Israel dalam 15 tahun.

 

Cavusoglu diperkirakan didampingi oleh menteri energi Turki Fatih Donmez akan bertemu Yair Lapid seusia mengadakan pembicaraan dengan pejabat Palestina. Kerja sama sektor energi diharapkan menjadi agenda utama.

Baca Juga

Seperti dilansir laman Aljazirah, Rabu (25/5/2022), Ankara menyatakan kesediaannya untuk kemitraan antara Israel dan Turki dalam sebuah proyek yang dapat membawa gas alam Israel ke Turki, dan kemudian berpotensi ke Eropa. Namun masalah yang lebih luas juga diharapkan akan dibahas seperti pembentukan kembali hubungan diplomatik di tingkat duta besar.

Turki mengusir duta besar Israel pada 2018, menyusul pembunuhan Israel terhadap hampir 60 warga Palestina dalam protes terhadap pembukaan kedutaan Amerika Serikat di Yerusalem. Saat itu adalah puncak dari periode hubungan buruk yang berkelanjutan, yang sudah sulit sejak akhir tahun 2000-an. Kedua negara sering bertukar tuduhan atas pendudukan Israel atas wilayah Palestina dan perlakuan terhadap warga Palestina, serta dukungan Ankara untuk Hamas, yang mengatur Jalur Gaza yang diblokade.

Kedua negara juga berselisih pendapat mengenai berbagai isu regional lainnya, seperti kudeta tahun 2013 di Mesir, kesepakatan nuklir Iran 2015, penarikan pasukan AS tahun 2019 dari Suriah dan operasi militer Turki di negara yang sama. Kendati begitu, kedua belah pihak bersedia mengabaikan hal ini.

Pada Maret tahun ini, Presiden Israel Isaac Herzog melakukan kunjungan penting ke ibu kota Turki, Ankara. Ini adalah kunjungan pertama sejak perjalanan Shimon Peres pada 2007.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile