Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

4 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Laporan: Di Hadapan Amerika Serikat, Israel Akui Dalang Pembunuhan Perwira Iran

Kamis 26 May 2022 15:49 WIB

Rep: Rizky Jaramaya / Red: Nashih Nashrullah

Pasukan Garda Revolusi Iran (ilustrasi).  Perwira Garda Revolusi Iran dibunuh pria tak dikenal di Teheran

Pasukan Garda Revolusi Iran (ilustrasi). Perwira Garda Revolusi Iran dibunuh pria tak dikenal di Teheran

Foto: AP
Perwira Garda Revolusi Iran dibunuh pria tak dikenal di Teheran

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Israel dilaporkan mengakui kepada Amerika Serikat (AS) bahwa mereka berada di balik pembunuhan seorang perwira Garda Revolusi Iran (IRGC) di Ibu Kota Teheran. Laporan tersebut diungkapkan New York Times. 

Perwira tinggi IRGC, Kolonel Hassan Sayyad Khodayee ditembak mati di luar kediamannya di Teheran pada Ahad (22/5), oleh dua pria bersenjata yang mengendarai sepeda motor. 

Baca Juga

Seorang perwira intelijen mengatakan, Tel Aviv menyampaikan kepada Washington bahwa mereka berada di balik pembunuhan itu. 

New York Times yang mengutip perwira intelijen itu, mengatakan, Khodayee diduga bertanggung jawab atas unit bayangan IRGC. Unit bayangan tersebut bertanggung jawab terhadap penculikan dan pembunuhan orang asing. 

New York Times melaporkan, Khodayee adalah wakil kepala Unit 840 Pasukan Quds IRGC. Menurut para pejabat Israel, unit tersebut bertanggung jawab atas serangan terhadap orang asing, termasuk orang Israel. 

Dilansir Anadolu Agency, Kamis (26/5), Israel dilaporkan mengatakan kepada AS bahwa pembunuhan Khodayee adalah peringatan bagi Iran untuk menghentikan operasi Unit 840. Sejauh ini, Iran tidak pernah mengakui keberadaan Unit 840. 

Hingga saat ini, tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan Khodayee dan Israel tidak pernah mengakui keterlibatannya. IRGC  mengatakan, pembunuhan Khodayee dilakukan oleh "pasukan kontra-revolusioner dan elemen yang terkait dengan arogansi global". Secara tidak langsung, Iran menuding Israel atas pembunuhan tersebut. 

Iran telah menyalahkan Israel atas pembunuhan beberapa pejabat tinggi militer dan ilmuwan dalam beberapa tahun terakhir. Namun Tel Aviv tidak pernah secara resmi mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.    

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile