Jumat 27 May 2022 06:11 WIB

Shin Ajak Dua Pemain Naturalisasi Jordi-Sandy Berlatih Bersama Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Bandung mulai Jumat (27/5).

Red: Israr Itah
Jordi Amat (kanan), menunggu status WNI resmi dari pemerintah.
Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Jordi Amat (kanan), menunggu status WNI resmi dari pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengajak dua calon pemain naturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh, berlatih bersama skuadnya sambil menunggu status WNI mereka resmi. "Kalau memang memungkinkan, saya mau mereka berlatih bersama timnas," ujar Shin kepada pewarta di Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Timnas Indonesia akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Bandung mulai Jumat (27/5/2022) sebagai persiapan menuju laga persahabatan FIFA kontra Bangladesh, Rabu (1/6/2022), yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Jordi dan Sandy memungkinkan untuk mengikuti latihan tersebut karena keduanya tengah berada di Indonesia. Mereka tengah menunggu penyelesaian status resmi menjadi WNI agar dapat membela tim nasional Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan skuad Garuda dalam latihan, Jordi menegaskan, dia akan sangat senang melakukannya. Menurut Jordi, latihan bisa menambah level kebugaran fisik yang terus dijaganya dengan berlatih rutin secara individu di kediamannya di Barcelona, Spanyol, seiring sudah tuntasnya Liga Belgia musim 2021/2022.

Namun, pesepak bola berkewarganegaraan Spanyol itu mau memastikan terlebih dahulu apakah secara legal dia dapat mengikuti latihan tim nasional Indonesia atau tidak. "Semoga semua proses selesai dan saya bisa segera bergabung ke skuad," kata Jordi.

Sandy Walsh (Belanda) dan Jordi Amat (Spanyol) merupakan pemain luar negeri keturunan Indonesia yang berkas administrasi naturalisasinya ke WNI sedang diproses oleh pemerintah. Sandy dan Jordi sudah menuntaskan beberapa agenda naturalisasi di Jakarta pekan lalu seperti mengurus beberapa hal kedutaan besar negara asal mereka di Indonesia, melakukan tes kesehatan, dan mengikuti wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sementara satu calon pemain naturalisasi lainnya, Shayne Pattynama baru dijadwalkan tiba di Indonesia pada pekan ini. PSSI berharap naturalisasi mereka segera rampung agar bisa memperkuat tim nasional Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait. Pada fase penentu kelolosan ke Piala Asia 2023, yang akan berlangsung pada 8-14 Juni 2022 itu, Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Nepal, dan tuan rumah kualifikasi, Kuwait.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement