Jumat 27 May 2022 14:54 WIB

PBNU Sampaikan Bela Sungkawa Atas Wafatnya Buya Syafii Maarif

Buya dinilai sebagai seorang guru dan orang tua yang dicintai yang dikasihi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ilham Tirta
Tokoh Islam dan Guru Bangsa Buya Ahmad Syafii Maarif
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Tokoh Islam dan Guru Bangsa Buya Ahmad Syafii Maarif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PBNU, KH Yahya C Staquf menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya tokoh bangsa Prof Dr Syafii Maarif yang merupakan mantan ketua umum PP Muhammadiyah periode 1998-2005. Ia menjelaskan, Buya Syafii merupakan seorang guru, pengasuh ruhani, pembimbing, orang tua yang dicintai yang dikasihi.

“Atas nama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan seluruh keluarga besar Nahdlatul Ulama, saya menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga Buya, kepada keluarga besar Nahdlatul Ulama, kepada keluarga besar Muhammadiyah, kepada segenap bangsa,” kata Gus Yahya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga

Wafatnya Buya dinilai merupakan sebuah kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Gus Yahya menyampaikan, menjadi tanggung jawab generasi saat ini untuk melanjutkan kerja-kerja besar yang telah dilakukan oleh Buya Syafii.

“Sekarang, menjadi tanggung jawab kita semua untuk melanjutkan visi dan idealisme Buya. Semoga barakah dari perjuangan yang digeluti Buya seumur hidup, terus langgeng, memberkahi kita semua di dalam pergulatan kita memperjuangkan kemuliaan bagi peradaban kita bersama,” ujar dia.

Buya Syafii meninggal pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di Yogyakarta dalam usia 86 tahun dikarenakan sakit sesak nafas. Gus Yahya mengatakan, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah memiliki hubungan yang sangat baik.

Periode awal Buya Syafii menjadi ketua umum Muhammadiyah tahun 1998, PBNU dipimpin KH Abdurrahman Wahid. Pada 1999, KH Hasyim Muzadi menjadi ketua umum PBNU. Para tokoh tersebut sering berdiskusi dan berdialog untuk menjaga kokohnya paham kebangsaan di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement