Jumat 27 May 2022 15:21 WIB

Jadi Tren TikTok, FDA Peringatkan Bahaya Rendam Alpukat dalam Air

Trik menyimpan alpukat dalam rendaman air berbahaya bagi kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Buah alpukat. FDA mengingatkan agar masyarakat tidak mengikuti trik TikTok yang merekomendasikan menyimpan alpukat yang sudah dibelah dalam rendaman air.
Foto:

Bila dibandingkan dengan penyakit-penyakit lain yang ditularkan lewat makanan, listeriosis merupakan penyakit yang jarang , tapi serius. Bahkan, meski sudah diberikan terapi antibiotik yang memadai, penyakit listeriosis memiliki tingkat kematian hingga 20-30 persen.

"Lebih dari 90 persen orang dengan listeriosis peru dirawat di rumah sakit, sering kali di unit pelayanan intensif," jelas FDA.

Listeriosis biasanya memunculkan gejala seperti demam, nyeri otot, menggigil, mual, dan diare. Bila bakteri telah menyebar ke sistem saraf, gejala neurologis seperti sakit kepala, kebingungan, leher kaku, hingga kehilangan keseimbangan bisa terjadi.

Bila gejala sudah muncul, mendapatkan terapi pengobatan yang tepat dan cepat menjadi upaya yang sangat penting untuk dilakukan. Pada orang yang sehat, infeksi listeria biasanya akan membaik bila diobati dengan terapi yang tepat. Namun, bagi kelompok rentan, infeksi ini bisa berkembang menjadi lebih serius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement