Jumat 27 May 2022 17:02 WIB

Kanada Laporkan 10 Kasus Baru Cacar Monyet

Kasus cacar monyet di Kanada diperkirakan akan terus bertambah seiring pengujian.

Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo.  Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Kanada melaporkan tambahan 10 kasus cacar monyet pada Kamis (26/5/2022).
Foto: CDC via AP
Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo. Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Kanada melaporkan tambahan 10 kasus cacar monyet pada Kamis (26/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Badan Kesehatan Publik Kanada memastikan kemunculan 10 kasus baru cacar monyet, termasuk satu kasus pertama di Provinsi Ontario. Dengan demikian, sejauh ini kasus cacar monyet di seluruh negeri berjumlah 26, menurut badan tersebut, Kamis (26/5/2022).

Provinsi Quebec telah melaporkan 26 kasus. Artinya, ada peningkatan sebanyak sembilan kasus pada sehari sebelumnya.

Baca Juga

Jumlah kasus kemungkinan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang setelah sampel-sampel dari beberapa wilayah selesai diuji, menurut badan itu. Sejauh ini, sudah ada 200 kasus infeksi virus monkeypox yang ditemukan di lebih dari 200 negara --yang tidak menganggapnya sebagai endemik, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), Kamis.

Cacar monyet merupakan infeksi yang menyebar luas dan cepat, namun jarang muncul. Penyakit ini serupa dengan cacar, namun lebih ringan.

Cacar monyet pertama kali terdeteksi di Republik Demokratik Congo pada 1970-an. Jumlah kasus cacar tersebut di Afrika Barat telah meningkat dalam satu dasawarsa terakhir ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement