Kapolri: Sosok Buya Syafii akan Terus Jadi Teladan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

Arsip Foto : Anggota Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Buya Syafii Maarif menjawab pertanyaan wartawan usai pemeriksaan terhadap Ketua KPK Busyro Muqoddas, Jakarta, Selasa (6/9/2011). Buya Syafii Maarif wafat pada Jumat, 27 Mei 2022.
Arsip Foto : Anggota Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Buya Syafii Maarif menjawab pertanyaan wartawan usai pemeriksaan terhadap Ketua KPK Busyro Muqoddas, Jakarta, Selasa (6/9/2011). Buya Syafii Maarif wafat pada Jumat, 27 Mei 2022. | Foto: ANTARA/Fanny Octavianus

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mewakili keluarga besar Polri menyampaikan duka cita dan belasungkawa yang mendalam wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii.

Sigit menyatakan, Buya Syafii merupakan sosok tokoh yang senantiasa memberikan pesan-pesan positif kebangsaan. Karenanya, kepergian Buya Syafii jadi kehilangan bapak bangsa yang selama ini selalu memberikan pesan-pesan kepada kita semua.

Ia menilai, ini merupakan kehilangan bagi semua. Meski telah kehilangan sosok tokoh dan bapak bangsa, Sigit berharap, semua pesan positif atau amanah yang selalu disampaikan Buya Syafii harus terus bisa dilanjutkan generasi penerus.

"Apa yang jadi pesan, apa yang menjadi amanah beliau akan terus kita lanjutkan. Sehingga, bangsa ini kita harapkan bisa jadi lebih baik dan kita doakan almarhum husnul khotimah dan seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan," kata Sigit di Masjid Gedhe Kauman, Jumat (27/5/2022).

Sigit menekankan, sosok Buya Syafii akan terus menjadi teladan dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang jauh lebih baik lagi ke depannya. Kemudian, semuanya bisa berjalan dengan lancar, aman dan semua yang menjadi amanah dapat dilanjutkan.

"Teladan beliau tentunya jadi kewajiban kita semua untuk terus melanjutkan," ujar Sigit.

Buya Syafii meninggal pada 27 Mei 2022 pagi di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Jenazah disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, lalu dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah, Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.

Terkait


Pemakaman Buya Syafii Maarif Berlangsung Khidmat

Buya Syafii Wafat, Puan Maharani: Indonesia Kehilangan Sosok Guru Bangsa

Jokowi Sebut Buya Syafii Gaungkan Pancasila Sebagai Perekat Bangsa

Jokowi: Buya Syafii Maarif Seorang Guru Bangsa

Taman Makam Husnul Khotimah, Lokasi yang Dipilih Sendiri Buya Syafii Maarif

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark