Jumat 27 May 2022 21:34 WIB

Buka Liga Selancar Dunia 2022, Menpora Puji Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

World Surfing League Championship Tour 2022 digelar di Pantai Plengkung, Banyuwangi.

Red: Israr Itah
Menpora Zainudin Amali (kedua kanan) dalam acara pembukaan World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi.
Foto: Dok Kemenpora
Menpora Zainudin Amali (kedua kanan) dalam acara pembukaan World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memuji Pemerintah Kabupaten Banyuwangi karena menggelar kejuaraan World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi. Menpora juga memberi dukungan karena acara ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk menarik sebanyak mungkin kegiatan olahraga level dunia diselenggarakan di Indonesia.

"Atas nama pemerintah, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang gigih menyelenggarakan WSL Championship Tour 2022 yang menjadi satu kebanggaan," kata Menpora Amali saat membuka kejuaraan WSL Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (27/5/2022) petang.

Baca Juga

Menurut Menpora, pihaknya saat ini sedang menggalakkan sport tourism dan sport industry sebagai pengembangan industri Tanah Air. Sejauh ini selain WSL juga ada World Beach Games, FIBA World Cup, FIFA World Cup U-20, dan banyak event lainnya. Pemerintah, lanjut dia, saat ini sedang mendorong olahraga pariwisata dan industri olahraga untuk memicu pengembangan industri nasional. 

"Jika dibandingkan negara lain potensi kita sangat banyak tapi belum dikelola dengan maksimal. Untuk itu kami coba mendorong. Di samping olahraga didorong, juga mendapat manfaat dari segi ekonomi yaitu turis yang akan datang semakin banyak," kata Menpora.

Amali berharap ke depan akan semakin banyak paket-paket sport tourism yang dikemas dengan menarik agar menarik wisatawan dari berbagai negara untuk berkunjung datang ke Indonesia. Ia merujuk Thailand yang sudah bisa mengemas dengan baik.

"Semoga kedepan akan semakin baik dan paket-paket sport tourism itu akan semakin banyak diadakan dengan kemasan yang lebih baik dan lebih menarik wisatawan asing," kata Menpora berharap. 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berharap G-Land dan beberapa tempat eksostis di Banyuwangi dapat dijaga bersama-sama sebagai aset berharga pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

"Dengan kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagus untk memulihan perekonomian di berbagai sektor," kata Bupati Ipuk Fiestiandani mengenai ajang WSL yang akan berlangsung selama sembilan hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement