Sabtu 28 May 2022 05:15 WIB

Mahathir Mohamad: Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik Bertujuan untuk Mengisolasi China

China adalah mitra dagang besar bagi Malaysia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Mahathir Mohamad
Foto: EPA-EFE/AHMAD YUSNI
Mahathir Mohamad

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengkritik pembentukan Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF) yang dipimpin Amerika Serikat (AS). Mahathir mengatakan, kerangka ekonomi tersebut bertujuan untuk mengisolasi China.

Menurut Mahathir, kerangka ekonomi tersebut tidak akan menguntungkan pertumbuhan ekonomi regional tanpa Beijing. Presiden AS Joe Biden meluncurkan IPEF selama kunjungan ke Jepang awal pekan ini.

Baca Juga

Biden mengatakan, kerangka ekonomi ini akan membantu Amerika Serikat bekerja lebih erat dengan negara-negara Asia di berbagai bidang termasuk rantai pasokan, perdagangan digital, energi bersih, dan antikorupsi.

 “AS akan selalu ingin menggunakan pengelompokan seperti ini untuk mengisolasi China. Banyak negara mengakui bahwa ini bukan pengelompokan ekonomi tetapi ini benar-benar pengelompokan politik," ujar Mahathir.

IPEF ditandatangani oleh 13 negara, antara lain Australia, Brunei, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam.  Secara total, mereka mewakili 40 persen dari PDB dunia.

"Ini tidak baik untuk perkembangan ekonomi mereka sendiri. China adalah mitra dagang besar bagi Malaysia, kami tidak ingin melihat ketegangan, konflik apa pun dengan China dan kami berharap AS akan menyadari bahwa China ada di sana, tidak akan hilang, dan kami harus hidup dengan China yang sekarang lebih kaya dari kebanyakan negara di dunia,” ujar Mahathir.

Mahathir selama bertahun-tahun dipandang sebagai juru bicara de facto untuk negara-negara kurang berkembang dan sering mengkritik Barat. Dia tetap menjadi tokoh berpengaruh di Malaysia.

Mahathir memimpin koalisi oposisi menuju kemenangan pemilu bersejarah pada 2018, dan menggulingkan pemerintahan yang tercemar korupsi dalam transfer kekuasaan damai pertama sejak kemerdekaan Malaysia pada 1957.

Mahathir menjadi pemimpin tertua di dunia yaitu pada usia 92 tahun. Tetapi pemerintahannya hanya berlangsung selama 22 bulan, dan runtuh karena pertikaian politik.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَدْ نَرٰى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَاۤءِۚ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضٰىهَا ۖ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ لَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۗ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُوْنَ
Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 144)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement