Jumat 27 May 2022 23:55 WIB

FKUI: Selain Covid-19, Penyakit-Penyakit Ini Juga Harus Diwaspadai Masyarakat

Masih banyak penyakit selain Covid-19 yang mengancam kesehatan masyarakat.

Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Selain Covid-19, masyarakat juga masih berhadapan dengan risiko penyakit infeksi dan non infeksi.
Foto:

Selain itu, masyarakat juga diminta mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri. Lalu, pertimbangkan pula lingkungan di sekitar mereka.

"Kita juga harus mewaspadai bahwa ada faktor host di situ, kita lihat seberapa jauh kita sudah tahu dan sadar terhadap kondisi kita sendiri, dari internal kita sendiri, satu sisi juga ada faktor risiko lingkungan," kata Tim Pemberdayaan Masyarakat Bidang Dukungan Darurat Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 ini.

Dr Asti mengatakan, upaya untuk mencegah tertular penyakit adalah dengan mencegah adanya lingkungan yang dapat dijadikan sebagai tempat hidup patogen-patogen tersebut. Ia menyebut bahwa upaya ini membutuhkan kerja sama antara masyarakat dan pemerintah wilayah setempat agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Kita bisa mengupayakan lingkungan hidup kita tidak kondusif untuk mereka hidup, sehingga kita nanti bisa ibaratnya mengeliminasi mereka atau berupaya untuk memutus rantai penularan dengan tidak membiarkan mereka hidup di lingkungan yang kondusif seperti ini," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement