Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Konsumsi Protein Whey Sebelum Makan Bantu Pengidap Diabetes Kelola Gula Darah

Senin 30 May 2022 17:35 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Bubuk protein whey (ilustrasi). Minuman protein whey dapat memperlambat proses pencernaan makanan di dalam tubuh, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah.

Bubuk protein whey (ilustrasi). Minuman protein whey dapat memperlambat proses pencernaan makanan di dalam tubuh, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah.

Foto: Flickr
Mengonsumsi protein whey dapat bantu kelola gula darah pengidap diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi minuman protein whey sebelum makan dapat membantu para pengidap diabetes mengontrol kadar gula darah. Para ahli meyakini dampak tersebut dipengaruhi oleh dua hal.

Salah satu di antaranya adalah minuman protein whey dapat memperlambat proses pencernaan makanan di dalam tubuh, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah. Selain itu, minuman ini juga diyakini dapat menstimulasi hormon untuk mencegah kadar gula darah meningkat secara cepat.

Baca Juga

Manfaat minuman protein whey dalam membantu kontrol kadar gula darah penyandang diabetes ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Newcastle University. Studi ini melibatkan para penyandang diabetes tipe 2 sebagai partisipan.

Selama studi berlangsung, sebagian partisipan diminta untuk mengonsumsi minuman yang mengandung protein whey dalam dosis rendah sebelum menyantap makanan. Sebagian partisipan lain dikategorikan sebagai kelompok kontrol dan hanya mendapatkan minuman tanpa kandungan protein sebelum makan.

Para partisipan dipantau selama sepekan, di mana dalam kurun waktu tersebut mereka menjalani aktivitas seperti biasa. Selama studi berlangsung, para partisipan juga menjalani tes gula darah. Hasil tes para partisipan yang mengonsumsi minuman protein whey sebelum makan lalu dibandingkan dengan hasil tes para partisipan dalam kelompok kontrol.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile