Ahad 29 May 2022 04:37 WIB

Kalahkan Liverpool, Real Madrid Juara Liga Champions

Real Madrid kalahkan Liverpool dengan skor 1-0

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
Pemain Liverpool Sadio Mane (kiri) berebut bola dengan pemain Real Madrid Casemiro (kanan) pada pertandingan Final Liga Champions di Stadion Stade de Frances, Ahad (29/5/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA
Pemain Liverpool Sadio Mane (kiri) berebut bola dengan pemain Real Madrid Casemiro (kanan) pada pertandingan Final Liga Champions di Stadion Stade de Frances, Ahad (29/5/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Real Madrid akhirnya menjadi juara Liga Champions musim 2021/22, setelah mengalahkan Liverpool 1-0. Liverpool menguasai jalannya pertandingan, namun Los Blancos tampil lebih efektif dalam memanfaatkan peluang.

Vinicius Junior menjadi pencetak gol semata wayang dalam pertandingan di Parc des Princes, Ahad (29/5). Sementara kiper Thibaut Courtois tampil kokoh di bawah mistar gawang. Ini menjadi gelar ke-14 Real Madrid di ajang Liga Champions.

Baca Juga

Liverpool membuka peluang pada menit 15. mendapatkan umpan Alexandre-Arnold, Mohamed Salah melakukan tendangan kaki kanan. Tapi Thibaut Courtois mampu memblok peluang tersebut. Menit 20, Thibaut Courtois kembali tampil gemilang. Kiper internasional Belgia itu menepis tendangan jarak dekat Sadio Mane. Bola membentur tiang gawang setelah terkena tangannya, dan dengan sigap diamankan. Liverpool benar-benar menguasai jalannya pertandingan pada 30 menit pertama.

Bahkan, Real Madrid belum menciptakan satu pun peluang setelah pertandingan berjalan setengah jam. Kerjasama Alexandre-Arnold dan Salah terus memberikan ancaman bagi Los Blancos. Menit 34, umpan Alexandre-Arnold disundul oleh Salah di kotak penalti. Tapi bola tepat mengarah ke Courtois.

Real Madrid mendapatkan peluang pertamanya pada menit 43. Karim Benzema mampu memanfaatkan kemelut di kotak penalti Liverpool, untuk menjebol gawang Alisson. Tapi gol tersebut dianulir lewat review yang cukup lama dari wasit. Skor kacamata bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Real Madrid mulai tampil lebih agresif. Menit 59, skuad asuhan Carlo Ancelotti itu mampu memecahkan kebuntuan melalui aksi Vinicius Junior. Berawal dari aksi Valverde di sisi kanan, yang langsung memberikan umpan ke kotak penalti. Vinicius yang sudah menunggu di sisi kiri langsung menyambut umpan tersebut tanpa kesalahan. 1-0 Real Madrid unggul.

Menit 63, Courtois kembali melakukan penyelamatan gemilang, setelah tendangan kaki kiri Salah meluncur ke sisi kanan gawang. Demi mengejar ketertinggalan, Juergen Klopp memasukan tambahan penyerang, dengan memainkan Roberto Firmino dan Diogo Jota. Courtois benar-benar membuat penyerang Liverpool frustasi. Menit 82, ia mampu menepis tendangan keras Salah dari jarak dekat. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement