Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

15 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Delapan Korban Kapal Ladang Pertiwi Tenggelam Ditemukan Selamat

Ahad 29 May 2022 11:46 WIB

Red: Andri Saubani

Ilustrasi Kapal Tenggelam

Ilustrasi Kapal Tenggelam

Foto: Foto : MgRol112
Para korban selamat langsung dibawa ke Pulau Pemantauan, Pangkep.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak delapan korban KM Ladang Pertiwi 2 yang tenggelam di Selat Makassar kembali ditemukan kapal nelayan untuk diselamatkan. Para korban langsung dibawa ke Pulau Pemantauan, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

"Saya dapat kabar dari video WA (WhatsUpp), ada bede (katanya) kapal yang ambil dari laut, langsung dibawa ke pulau. Orang di kapal itu dengar orang teriak di lautan," kata keluarga korban, Bambang Harianto usai melapor ke Posko DVI Polda Sulsel, di Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar, Ahad (29/5/2022).

Baca Juga

Saat korban ditemukan di laut, kapal nelayan tersebut langsung membawa seluruh korban ke pulau Pemantauan. Saat tiba, sejumlah orang di pulau tersebut langsung melakukan evakuasi.

"Warga di sana langsung turun ambil. Ada delapan orang, keluarga semua, mamak, om (paman), semua keluarga," tutur Bambang terbata-bata.

Ia sangat bersyukur telah mendapat kabar keluarganya selamat dari musibah tersebut. Untuk itu, Bambang langsung melaporkan penemuan korban ke posko DVI Polda Sulsel untuk proses identifikasi.

Saat ditanyakan apa tujuan keluarganya ke Makassar, pemuda ini mengatakan, membeli kebutuhan pokok, serta barang jualan untuk di jual di pulau tempat tinggal mereka. "Beli barang, untuk bisnis, penjualan bahan pokok kebutuhan sehari-hari di Pulau Pamantauan. Ada 42 orang berangkat itu (naik kapal) ke Makassar," tuturnya.

Dengan penemuan delapan orang tersebut, data sementara untuk korban selamat tercatat mencapai 25 orang. Sebanyak 17 orang sebelumnya diselamatkan tiga kapal tagboat pada Jumat (27/5) pukul 03.30 WITA.

Sebelumnya, KM Ladang Pertiwi 02 yang mengangkut bertolak dari Pelabuhan Rakyat Paotera pada Rabu (25/5/2022). Kapal ini hendak menuju ke beberapa pulau yaitu Pulau Pemantauan, Pulau Masalima, Pulau Salirian, Pulau Pamalikan.

Kapal tersebut dikabarkan tenggelam pada Kamis (26/5/2022) 03.30 WITA di bagian selat Makassar, dan baru ketahui dari informasi pada Jumat, (26/5/2022) pukul 13.00 WITA. Basarnas Sulsel, DVI Polda Sulsel, dirikan posko induk, pencarian KM Ladang Pertiwi 2, kapal tenggelam, Selat Makassar, Pelabuhan Rakyat Paotere, identifikasi korban, posko induk, korban kapal tenggelam, 17 orang selamat, 25 orang dicari. Namun, data sementara yang masuk di Posko Induk Basarnas dari beberapa sumber, tercatat 60 orang.

sumber : Antara
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile