Terdampak Rob, Pedagang Sulit Cari Migor Curah

Red: Yusuf Assidiq

Pedagang membungkus minyak goreng curah untuk dijual di salah satu toko.
Pedagang membungkus minyak goreng curah untuk dijual di salah satu toko. | Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Sejumlah pedagang di pasar tradisional Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami kesulitan mendapatkan pasokan minyak goreng curah. Padahal permintaan masyarakat masih cukup tinggi karena harganya lebih murah dibandingkan kemasan.

"Saya sudah mencari minyak goreng curah ke sejumlah tempat pada Sabtu (28/5/2022), namun para penyalur memasang tulisan minyak goreng habis," kata Aslihah, salah satu pedagang sembilan bahan bahan pokok (sembako) di Pasar Bitingan Kudus.

Padahal, kata dia, minyak goreng curah masih sangat dibutuhkan masyarakat, terutama yang memiliki usaha warung makan maupun penjual gorengan karena harganya hanya Rp 17 ribu per kilogram sehingga lebih murah dibandingkan minyak kemasan yang mencapai Rp 22 ribu per liter.

Ia mengakui setiap hari bisa menjual 70 kg minyak goreng curah karena pelanggannya didominasi pemilik warung makan. Jika harus beralih membeli minyak goreng, kata dia, pelanggannya tidak berani karena biaya produksinya semakin membengkak.

Belum lagi sejumlah harga kebutuhan masyarakat juga mulai naik, seperti bawang merah, cabai, telur, hingga mi. Beruntung dirinya masih bisa mendapatkan 30 kg minyak goreng curah hasil membujuk temannya.

Meskipun dibeli dengan harga Rp 16 ribu per kg atau lebih tinggi dari harga jual eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 14 ribu per liter atau Rp 15.500 per kg.

Tutik, pedagang sembako lainnya juga mengakui hal yang sama kesulitan mendapatkan minyak goreng curah.

"Saya sendiri juga membutuhkan untuk usaha jualan bawang goreng karena jika menggunakan minyak goreng kemasan, harga jual bawang gorengnya kalah bersaing dengan lainnya," ujarnya.

Untuk penyebab, dia mengaku, tidak mengetahui karena pemerintah juga sudah mengizinkan kembali ekspor minyak sawit mentah dan bahan baku minyak goreng.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Imam Prayitno membenarkan di pasaran memang tidak ada stok minyak goreng curah, akibat terdampak banjir di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Kami sudah mengecek distribusi minyak goreng curah untuk Kudus. Karena antreannya di Semarang cukup panjang, diperkirakan Selasa (31/5/2022) sudah tersedia di pasaran dengan jumlah sekitar 27 ton," ujarnya.

Terkait


KPPU Ungkap Kejanggalan Harga Minyak Goreng Saat Larangan Ekspor CPO

Walkot Medan: Pembangunan Tembok Rob Belawan Dilakukan Tahun Ini

Banjir Rob Berpotensi Terjadi di Wilayah Pesisir Lampung

 Pedagang di Kudus Kesulitan Dapatkan Minyak Goreng Curah

Kadin Jateng: Banjir Rob Momentum Pelindo Perbaiki Layanan Pelabuhan Tanjung Emas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark