Rabu 01 Jun 2022 12:58 WIB

Jokowi Tawar Cabai Rp 1.000 di Pasar Ende, Pedagang: Kami tak Jual Seperti Itu Pak

Presiden akhirnya membeli lima gelas cabai kecil ke pedagang yang lincah itu.

Red: Ilham Tirta
Pedagang cabai di pasar (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pedagang cabai di pasar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ENDE -- Presiden Joko Widodo berkunjung ke Pasar Mbongawani Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (1/6/2022), siang. Di sana, ia sempat membeli cabai kecil sebanyak 5 gelas pada salah satu pedagang.

"Beliau tanya, berapa harga cabai 1 kilogram. Saya jawab, kami tidak jual kiloan, tetapi per gelas lima ribu rupiah," kata Sofia Husein (45 tahun), pedagang di Pasar Mbongawani Ende yang menjual cabai kepada Presiden.

Baca Juga

Sofia tak pernah membayangkan Kepala Negara akan singgah pada lapak dagangannya, bahkan membeli salah satu bahan makanan. Ketika itu, kata dia, Presiden berkelakar dan menawarinya untuk membeli cabai dengan harga Rp 1.000 per gelas.

Kelincahan Sofia berdagang ternyata tak melihat siapa pembelinya. Sofia pun tersenyum, dan membalas bahwa dia tidak bisa menjual dengan harga seperti itu.

Ia mengaku tak menyangka Presiden murah hati dan bisa mengajaknya berbicara santai. Setelah menunjuk ke arah gelas takaran cabai dan saling tawar-menawar, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo pun membeli cabai sebanyak 5 gelas.

Sofia menerima uang sejumlah Rp 150 ribu dari Presiden untuk barang dagangannya itu. Pedagang itu lantas menerima uang tersebut, kemudian menaruh cabai pada kantung plastik, lalu mengucapkan terima kasih atas kunjungan Presiden.

"Semoga Bapak sehat selalu," kata Sofia sembari memberikan barang belanjaan itu.

Kehadiran mantan wali kota Surakarta di Pasar Mbongawani Ende itu disambut antusias para pedagang dan warga Kota Ende. Di sana, Presiden Jokowi membagikan uang tunai dalam amplop kepada pedagang.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement