Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

 

1 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sulit Bicara Akibat Kanker, Val Kilmer Terbantu Teknologi AI di Top Gun: Maverick

Rabu 01 Jun 2022 10:20 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor Val Kilmer kembali beradu akting dengan Tom Cruise dalam sekuel Top Gun. Suara Kilmer di Top Gun: Maverick berasal dari olahan teknologi AI.

Aktor Val Kilmer kembali beradu akting dengan Tom Cruise dalam sekuel Top Gun. Suara Kilmer di Top Gun: Maverick berasal dari olahan teknologi AI.

Foto: EPA
Suara Val Kilmer di Top Gun: Maverick hasil olahan teknologi AI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keterlibatan Val Kilmer dalam Top Gun: Maverick membuat penggemar bertanya-tanya tentang penampilannya. Soalnya, aktor itu kehilangan kemampuannya untuk berbicara setelah terapi kanker tenggorokan beberapa tahun lalu.

 

Naskah Top Gun: Maverick akhirnya mengakomodasi kondisi Kilmer dengan mengambil pola komunikasinya di kehidupan nyata. Namun, ada beberapa dialog singkat dari karakter Kilmer yang sebenarnya dibangun oleh Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Baca Juga

Tahun lalu, Kilmer telah bermitra dengan perusahaan AI bernama Sonantic. Perusahaan tersebut telah bekerja berjam-jam untuk membuat rekaman arsip untuk membuat model suara Kilmer yang berbeda untuk membuat versi yang akurat.

"Pada akhirnya, kami menghasilkan lebih dari 40 model suara yang berbeda dan memilih yang terbaik, berkualitas tinggi, paling ekspresif," kata CTO dan salah satu pendiri Sonantic, John Flynn seperti dilansir Far Out Magazine, Rabu (1/6/2022).

"Algoritma baru itu sekarang disematkan ke mesin suara kami, sehingga klien masa depan dapat secara otomatis memanfaatkannya juga," kata dia.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile