Rabu 01 Jun 2022 23:05 WIB

Militer Myanmar dan Kelompok Oposisi Saling Tuding Soal Ledakan Bom di Yangon

Militer Myanmar dan lawan-lawannya saling tuding atas ledakan bom di Yangon

Rep: Rizky Jaramaya/Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
 Seorang wanita menyeberang di jalan kosong menuju pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar.  Militer Myanmar dan lawan-lawannya saling tuding atas ledakan bom di Yangon. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Seorang wanita menyeberang di jalan kosong menuju pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar. Militer Myanmar dan lawan-lawannya saling tuding atas ledakan bom di Yangon. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Militer Myanmar dan lawan-lawannya saling tuding atas sebuah bom yang meledak di Yangon. Ledakan bom tersebut menewaskan satu orang dan melukai sembilan lainnya.

Artikel yang diterbitkan The Global New Light of Myanmar edisi Rabu (1/6/2022) mengaitkan ledakan itu dengan gerakan bersenjata yang menentang kudeta militer pada tahun lalu. Laporan itu menuding Pasukan Pertahanan Rakyat (PDF), atau kelompok bersenjata oposisi, sebagai dalang atas pengeboman tersebut. 

Baca Juga

Laporan itu mengatakan bom buatan tangan ditanam oleh teroris PDF di halte bus yang letaknya sekitar satu blok dari Pagoda Sule, yang merupakan landmark Kota Yangon. Seorang juru bicara Pemerintah Persatuan Nasional (NUG) atau kepemimpinan oposisi menuding militer Myanmar yang melakukan pemboman. 

“Militer genosida brutal telah melakukan pengeboman dan pembunuhan yang tidak masuk akal terhadap penduduk sipilnya sendiri di seluruh Myanmar,” kata Menteri Kerjasama Internasional NUG, Sasa.

"Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mendapatkan keadilan bagi orang-orang itu," kata Sasa dalam pernyataan di Twitter.

Laporan surat kabar pada Rabu menyebut PDF menerima bantuan keuangan untuk meluncurkan serangan bom. "Mereka juga melakukan serangan bom menggunakan bom buatan tangan di jalan umum, jalan, terminal bus, dan halte,” tambahnya.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta militer tahun lalu yang memicu protes di seluruh negeri. Penentang kekuasaan militer mengangkat senjata dan melakukan pemberontakan aktif di sejumlah bagian negara. Operasi militer oleh pasukan pemerintah di Myanmar timur dan barat laut telah menewaskan ratusan warga sipil, menurut kelompok-kelompok termasuk Amnesty International.

Hitungan terpisah dan terperinci oleh Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) mengatakan sebanyak 1.876 warga sipil, sebagian besar di kota-kota besar dan kecil, telah dibunuh oleh pasukan keamanan. Otoritas militer mengatakan angka AAPP dibesar-besarkan dan tentara juga menjadi korban.

Foto dan video pengeboman pada Selasa (31/5/2022) beredar di media sosial. Foto dan video tersebut menunjukkan orang-orang yang terluka tergeletak di tanah dan berlumuran darah. Media penguasa militer Myanmar mengatakan ledakan itu terjadi pada pukul 15.20 waktu setempat. Ledakan itu menyebabkan seorang pria berusia 30 tahun meninggal karena luka di dada dan perut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّا تَأْوِيْلَهٗۗ يَوْمَ يَأْتِيْ تَأْوِيْلُهٗ يَقُوْلُ الَّذِيْنَ نَسُوْهُ مِنْ قَبْلُ قَدْ جَاۤءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّۚ فَهَلْ لَّنَا مِنْ شُفَعَاۤءَ فَيَشْفَعُوْا لَنَآ اَوْ نُرَدُّ فَنَعْمَلَ غَيْرَ الَّذِيْ كُنَّا نَعْمَلُۗ قَدْ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ وَضَلَّ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَفْتَرُوْنَ ࣖ
Tidakkah mereka hanya menanti-nanti bukti kebenaran (Al-Qur'an) itu. Pada hari bukti kebenaran itu tiba, orang-orang yang sebelum itu mengabaikannya berkata, “Sungguh, rasul-rasul Tuhan kami telah datang membawa kebenaran. Maka adakah pemberi syafaat bagi kami yang akan memberikan pertolongan kepada kami atau agar kami dikembalikan (ke dunia) sehingga kami akan beramal tidak seperti perbuatan yang pernah kami lakukan dahulu?” Mereka sebenarnya telah merugikan dirinya sendiri dan apa yang mereka ada-adakan dahulu telah hilang lenyap dari mereka.

(QS. Al-A'raf ayat 53)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement