Kamis 02 Jun 2022 07:36 WIB

Ronaldo, De Bruyne, dan Kane Gabung Trio Liverpool Jadi Kandidat Pemain Terbaik PFA

Son Heung-min tak masuk dalam daftar kandidat meskipun menjadi top skor Liga Primer.

Red: Israr Itah
 Pemain Manchester City Kevin De Bruyne jadi kandidat Pemain Terbaik Liga Primer Inggris versi PFA.
Foto: Nick Potts/PA via AP
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne jadi kandidat Pemain Terbaik Liga Primer Inggris versi PFA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Playmaker Manchester City Kevin de Bruyne dan penyerang Manchester United Cristiano Ronaldo bergabung dengan trio pemain Liverpool di antara nominasi untuk penghargaan pemain terbaik pria versi Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA) tahun ini. Mereka, yakni Sadio Mane, Mohamed Salah, dan bek tengah Virgil van Dijk, seperti laporan BBC, Rabu (1/6/2022). 

Pemain Tottenham Harry Kane juga termasuk dalam daftar kandidat, tetapi anehnya pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris Son Heung-min tak masuk dalam daftar. Pemenang akan diumumkan pada 9 Juni.

Baca Juga

De Bruyne adalah pencetak gol terbanyak dan pemberi assist bagi City musim ini dengan 15 gol dan delapan assist. Dia telah terpilih sebagai Pemain Terbaik Liga Primer 2021/22.

Liverpool asuhan Jurgen Klopp mendominasi daftar setelah memenangkan dua piala domestik, hanya terpaut satu poin dari memenangkan Liga Primer. Liverpool juga mencapai final Liga Champions, hanya untuk kalah dari Real Madrid dengan skor tipis 0-1.

Salah, pencetak gol terbanyak bersama di liga bersama dengan Son, mencetak 23 gol. Dia juga mengakhiri musim dengan 13 assist, yang membuatnya mengamankan penghargaan playmaker Liga Primer Inggris. 

Adapun Mane menjadi pencetak gol terbanyak kedua Liverpool dengan 16 gol. Sementara kapten timnas Belanda Van Dijk membantu the Reds hanya kebobolan 26 gol dalam 38 pertandingan liga, paling sedikit bersama juara bertahan City.

Kane adalah pemenang Sepatu Emas musim lalu, berbagi penghargaan dengan Salah. Mengejutkan melihat kapten Inggris, yang mencetak 17 gol tahun ini, masuk dalam daftar pendek kandidat Pemain Terbaik versi PFA daripada rekannya Son yang menjadi top skorer.

Sama seperti Kane, pemenang Ballon d'Or enam kali Ronaldo mungkin nama lain yang tak terduga masuk dalam nominasi. Sebab Manchester United hanya finis di urutan keenam, tertinggal 13 poin dari kualifikasi Liga Champions. Ronaldo mencetak 18 gol di Liga Primer Inggris musim 2021/22.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement