Kamis 02 Jun 2022 10:26 WIB

Biden Umumkan 700 Juta Dolar AS Bantuan Keamanan Baru untuk Ukraina

AS telah memberikan sekitar 5,3 miliar dolar AS bantuan keamanan ke Ukraina

Red: Esthi Maharani
Presiden AS, Joe Biden mengumumkan 700 juta dolar AS bantuan keamanan tambahan untuk Kiev
Presiden AS, Joe Biden mengumumkan 700 juta dolar AS bantuan keamanan tambahan untuk Kiev

REPUBLIKA.CO.ID., WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (2/6/2022) mengumumkan 700 juta dolar AS bantuan keamanan tambahan untuk Kiev saat perang berlanjut di bagian timur Ukraina.

"Hari ini, saya mengumumkan paket bantuan keamanan baru yang signifikan untuk memberikan bantuan tepat waktu dan kritis kepada militer Ukraina," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

“Berkat dana tambahan untuk Ukraina, yang disahkan dengan dukungan bipartisan yang sangat besar di Kongres AS, Amerika Serikat akan dapat terus menyediakan lebih banyak senjata kepada Ukraina yang mereka gunakan secara efektif untuk mengusir serangan Rusia,” kata Biden.

“Paket baru ini akan mempersenjatai mereka dengan kemampuan baru dan persenjataan canggih, termasuk (Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi) HIMARS dengan amunisi medan perang, untuk mempertahankan wilayah mereka dari agresi Rusia,” imbuh dia.

Dengan penarikan senjata dan peralatan kesebelas dari inventaris Departemen Pertahanan, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan total bantuan telah mencapai USD4,6 miliar sejak Rusia memulai perang pada 24 Februari.

"Dukungan ini adalah bagian dari lebih dari 40 miliar dolar AS dalam pendanaan baru untuk mendukung tanggapan AS terhadap krisis di Ukraina," kata menlu AS.

AS telah memberikan sekitar 5,3 miliar dolar AS bantuan keamanan ke Ukraina sejak awal pemerintahan Biden. Sejak 2014, Washington telah memberikan lebih dari 7,3 miliar dolar AS bantuan keamanan ke Ukraina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement