Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pertokoan di Tasikmalaya Belum Seluruhnya Dilengkapi Alat Proteksi Kebakaran

Kamis 02 Jun 2022 07:54 WIB

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad

Petugas melakukan inspeksi alat proteksi kebakaran di sebuah pertokoan, Jalan KH Z Mustofa, Kota Tasikmalaya, Kamis (2/6/2022).

Petugas melakukan inspeksi alat proteksi kebakaran di sebuah pertokoan, Jalan KH Z Mustofa, Kota Tasikmalaya, Kamis (2/6/2022).

Foto: Dok. BPBD Kota Tasikmalaya
BPBD ingin mengedukasi agar semua pihak dapat waspadai risiko terjadinya kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya melakukan inspeksi alat proteksi kebakaran di sepanjang Jalan KH Z Mustofa, Kota Tasikmalaya, yang merupakan kawasa pusat pertokoan, Kamis (2/6/2022). Inspeksi itu dilakukan untuk memastikan kesiapan apabila terjadi musibah kebakaran.

 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, mengatakan, inspeksi itu dilakukanbdalam rangka mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menyediakan alat proteksi kebakaran. Menurut dia, pertokoan merupakan salah satu ruang publik yang harus terjaga dan terjamin keselamatannya apabila terjadi kebakaran."Sejauh ini, relatif mereka memiliki APAR (alat pemadam api ringan). Ada satu dua yang kurang. Itu akan menjadi catatan kami," kata dia, Kamis.

Baca Juga

Ia menilai, seharusnya setiap pertokoan harus memiliki APAR. Jumlah APAR yang tersedia harus disesuaikan dengan luas bangunan. Ucu mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi dari hasil inspeksi itu. Nantinya, pertokoan yang belum memiliki atau masih kekurangan APAR akan diberikan surat rekomendasi agar memenuhinya. "Dari hasil inpseksi ini, akan ada tindak lanjut berupa rekomendasi untuk mereka penuhi," kata dia.

Ucu menjelaskan, inspeksi itu dilakukan bukan karena sering terjadi kebakaran di pertokoan yang ada di Kota Tasikmalaya. Namun, pihaknya ingin mengedukasi agar semua pihak dapat waspada dengan peristiwa yang dapat terjadi sewaktu-waktu itu."Poinnya itu lebih ke upaya edukasi. Jadi kami lebih ingin menjaga daripada menangani," ujar dia.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile