Kamis 02 Jun 2022 18:24 WIB

Pertanyaan Surya Paloh untuk Prabowo dan Peluang Koalisi Nasdem-Gerindra

Prabowo dan Surya Paloh mengadakan pertemuan resmi pada Rabu (1/6/2022).

Red: Andri Saubani
...
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di DPP Partai Nasdem, Jakarta, Rabu (1/6/2022). Pertemuan yang berlangsung hampir lima jam tersebut salah satunya membahas mengenai kemajuan bangsa dan negara.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Febrianto Adi Saputro, Nawir Arsyad Akbar

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan pertemuan tertutup selama hampir lima jam dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Menteng, Jakarta, Rabu (1/6/2022). Pada hari ini, Surya Paloh, membocorkan salah satu isi pertemuannya dengan Prabowo, dan diakuinya, dirinya sempat menanyakan terkait rencana Prabowo maju di Pilpres 2024.

Baca Juga

"Kamu kan gimana Wo saya bilang, baik? Sehat? Kan begitu-begitu saja, mau maju? Kan kira-kira begitu," Ungkap Surya di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Surya enggan mengungkapkan apa respons Prabowo saat ditanya demikian. Ia pun memilih merahasiakan jawaban Prabowo tersebut.

"Itu jawaban rahasia" ucapnya.

Namun, Surya tak menutup kemungkinan Partai Nasdem berkoalisi dengan Gerindra. Termasuk jika nantinya mendukung Prabowo di Pilpres 2024 mendatang.

"Saya tadi bilang pepatah Inggris tua menyatakan dari gelas ke bibir everything can happen semua bisa terjadi," ungkapnya.

Saat wartawan bertanya apakah Gerindran akan berkoalisi dengan Nasdem pada Pemilu 2024, Prabowo enggan menjawab secara gamblang.

"Ya tapi kan beliau pemimpin partai. Saya kan pemimpin partai. Kita kan tidak bisa bertindak, karena kita teman lalu kita atur sendiri-sendiri kan tidak bisa," kata Prabowo, seusai pertemuan, kemarin.

Prabowo mengatakan, sebagai pimpinan partai politik dirinya dengan Surya paloh sama-sama memiliki konstituen. Ia mengatakan keduanya sama-sama bertanggung jawab terhadap masing-masing partai. Namun demikian Prabowo menyebut keduanya memiliki kesamaan. 

"Tetapi bahwa kita commit, apa pun terjadi, kita commit bersama-sama menjaga Pancasila, menjaga keutuhan RI. Jadi kita tidak hanya untuk Pemilu, kita lebih dari itu," ucapnya.

In Picture: Prabowo Sambangi Surya Paloh

photo
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di Jakarta, Rabu (1/6/2022). Pertemuan tersebut sebagai ajang silaturahim sekaligus membahas masalah-masalah strategis bagi kepentingan bangsa. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement