Kamis 02 Jun 2022 23:32 WIB

Langkah Asiantrust Asset Pulihkan Lagi Dana Kelolaan Investasi di Indonesia

Asiantrust Asset menilai edukasi publik langkah penting bisnis pengelolaan aset di RI

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Asiantrust Asset Management melihat bahwa bisnis pengelolaan aset nasabah tak sekadar untung semata, namun juga meliputi edukasi publik akan investasi yang benar. Sehingga dalam menjalankan bisnis perusahaan berlandaskan akan risk profile dan tujuan nasabah ketika aset atau dana mereka dikelola.
Foto: istimewa
Asiantrust Asset Management melihat bahwa bisnis pengelolaan aset nasabah tak sekadar untung semata, namun juga meliputi edukasi publik akan investasi yang benar. Sehingga dalam menjalankan bisnis perusahaan berlandaskan akan risk profile dan tujuan nasabah ketika aset atau dana mereka dikelola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asiantrust Asset Management menyatakan data survey Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI), total dana kelolaan investasi pada Juni 2020 tercatat sebesar Rp 718 triliun. Angka ini berkurang dari dana kelolaan akhir 2019 yang sebesar Rp 809 triliun atau turun 11 persen.

Selain itu Total dana kelolaan investasi di Indonesia dibandingkan total PDB lebih rendah dari negera-negara seperti Malaysia dan Thailand. Melihat tren yang menurun itu Asiantrust Asset Management bertekad untuk bantu pemulihan dunia investasi di Indonesia. 

Perusahaan yang sudah mendapatkan izin dari OJK sejak awal 2022 mempunyai misi memberikan edukasi dalam pengelolaan dana investasi. 

"Sebelum pandemi banyak perusahaan aset manajemen berhenti beroperasi dan terlibat kasus, hal itu menyebabkan berkurangnya kepercayaan publik terhadap lembaga keuangan aset manajemen, " ujar Komisaris Asiantrust Asset Management, Agustinus Harjono.

"Selain itu bila kita bandingkan dengan GDP angka itu ekuivalen hanya sebesar tiga hingga empat persen dari PDB. Masih jauh dari negara tetangga kita seperti Thailand yang 31 persen dari GDP atau 10 kali lipat dari Indonesia. Sementara Malaysia 30 persen dari GDP," lanjutnya. 

Asiantrust Asset Management melihat bahwa bisnis pengelolaan aset nasabah tak sekadar untung semata, namun juga meliputi edukasi publik akan investasi yang benar. Sehingga dalam menjalankan bisnis perusahaan berlandaskan akan risk profile dan tujuan nasabah ketika aset atau dana mereka dikelola. 

“Filosofi kami adalah membangun orangnya. Kami melihat perlunya ada pembangunan semacam revolusi mental di dunia investasi retail untuk publik lebih sadar dan mau belajar tidak hanya sekadar cuan saja jadi kami ingin mengedukasi dunia investasi,” ungkap Agustinus. 

Latar belakang nasabah kata Agustinus berbeda-beda. Karena hal itu Asiantrust Asset Management akan memberikan solusi yang terbaik dan edukasi sesuai kebutuhan setiap nasabah mereka.

"Kami melihat perlunya ada pembangunan semacam revolusi mental di dunia investasi retail untuk publik lebih sadar mengenai investasi-investasi mereka. Hingga, kami berharap bahwa kami bisa memberi edukasi kepada nasabah dan membuat proses yang transparan jadi para nasabah bisa mengerti bahwa portofolio mereka. dikelola dengan baik," ujar Agustinus.

Saat ini terdapat tiga strategi produk reksadana yang dikeluarkan oleh Asiantrust Asset Management, yaitu Strategi Yield Enhancement, Strategi Capital Appreciation, Strategi Ekuitas High Conviction.

Strategi yield enhancement cocok sebagai pengganti deposito bank, yang sebagian besar diinvestasikan pada obligasi pemerintah dengan upside pasar saham. Berfokus pada efek pasar uang dan obligasi serta beberapa saham pilihan yang memberikan dividen berkualitas tinggi. 

Strategi capital appreciation berusaha memberikan keuntungan ekuitas, namun dengan volatilitas yang lebih rendah melalui eksposur yang seimbang antara saham blue chip dan obligasi pemerintah. Tujuan investasi adalah untuk memperoleh imbal hasil yang lebih tinggi.

Strategi Ekuitas High Conviction adalah strategi lebih agresif yang berusaha untuk berinvestasi dalam ekuitas blue chip dan mid-cap.

Seluruh strategi tersebut dikelola dengan transparansi penuh terhadap proses investasi dan manajemen risiko. Untuk verifikasi perusahaan akan melakukan sejumlah proses investasi yang jelas yaitu penelitian yang independen dan fundamental. 

“Untuk tata kelola yang baik, kami juga memastikan dokumentasi yang tepat di semua proses dan pelaporan yang transparan tentang semua kepemilikan portofolio kepada investor,” tegas Agustinus

Sementara untuk proses diawasi oleh Komite Investasi untuk tata kelola yang baik. Komite Investasi Asiantrust Asset Management terdiri dari para profesional investasi dari berbagai latar belakang investasi dengan 50 tahun lebih pengalaman investasi gabungan yang telah malang melintang di beberapa perusahaan multinasional seperti Standard Chartered, Leapfrog Investments . 

"Kami berharap kepada nasabah adalah komitmen kami untuk memberikan transparansi penuh kepada pengelolaan dana nasabah, serta proses investasi dan manajemen risiko yang kokoh," kata Agustinus. 

Agustinus membeberkan pihaknya sudah menargetkan sejumlah capaian total pengelolaan aset senilai Rp 1 triliun. "Kami berkomitmen untuk mengelola aset nasabah dengan sungguh-sungguh, transparan dan akuntable sebagai bentuk fiduciary kami," kata Agustinus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement