Sabtu 04 Jun 2022 01:25 WIB

Pangeran Charles Miliki 'Jari Sosis', Apa Itu?

Jari Pangeran Charles masih bengkak seperti sosis.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pangeran Charles dari Inggris menyesuaikan masker wajahnya saat menghadiri upacara pembukaan Konferensi Perubahan Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin 1 November 2021. Jari tangan Pangeran Charles tampak bengkak seperti sosis.
Foto: ap/Yves Herman/Reuters Pool
Pangeran Charles dari Inggris menyesuaikan masker wajahnya saat menghadiri upacara pembukaan Konferensi Perubahan Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin 1 November 2021. Jari tangan Pangeran Charles tampak bengkak seperti sosis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 1982, Pangeran Charles sempat berkelakar bahwa jari-jemari tangannya yang bengkak tampak seperti sosis. Ternyata, kondisi tersebut tak mengalami perubahan berarti hingga saat ini.

National Health Service (NHS) mengungkapkan bahwa jari-jari yang bengkak bisa disebabkan oleh penumpukan cairan. Secara medis, pembengkakan yang dipicu oleh penumpukan cairan dikenal sebagai edema. Edema sering kali terjadi pada area tungkai.

Baca Juga

Penumpukan cairan ini bisa diakibatkan oleh berbagai hal. Salah satu di antaranya adalah berada di posisi yang sama untuk waktu yang lama. Konsumsi garam berlebih juga bisa memicu terjadinya pembengkakan akibat penumpukan cairan.

Selain itu, beberapa obat juga bisa memicu terjadinya pembengkakan pada tangan. Beberapa contohnya adalah obat tekanan darah tinggi, obat antidepresan, dan obat steroid.

Sebagai tambahan, perubahan cuaca yang cepat, alergi kulit, gumpalan darah, hingga psoriasis arthritis juga bisa memicu terjadinya edema. Terapi pengobatan bisa disesuaikan dengan penyebab terjadinya edema.

Secara umum, salah satu terapi yang dibutuhkan adalah hidrasi yang baik. Selain itu, olahraga yang ringan seperti berjalan kaki juga diperlukan untuk membantu memperbaiki aliran darah.

Area tubuh yang bengkak juga disarankan untuk diangkat lebih tinggi bila memungkinkan. Bila yang terdampak adalah tangan, NHS merekomendasikan orang-orang untuk merendam tangan tersebut di dalam air hangat. Selanjutnya, rendam tangan di air dingin untuk mendorong cairan bergerak dari area tersebut.

Bila bengkak terjadi karena konsumsi garam berlebih, maka yang dapat dilakukan adalah membatasi asupan garam. Konsumsi garam berlebih juga patut dihindari agar terhindar dari tekanan darah tinggi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَتَرَى الشَّمْسَ اِذَا طَلَعَتْ تَّزَاوَرُ عَنْ كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِيْنِ وَاِذَا غَرَبَتْ تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِيْ فَجْوَةٍ مِّنْهُۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ ۗمَنْ يَّهْدِ اللّٰهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَنْ يُّضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهٗ وَلِيًّا مُّرْشِدًا ࣖ
Dan engkau akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan apabila matahari itu terbenam, menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas di dalam (gua) itu. Itulah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka engkau tidak akan mendapatkan seorang penolong yang dapat memberi petunjuk kepadanya.

(QS. Al-Kahf ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement