Sabtu 04 Jun 2022 19:46 WIB

Takziyah ke Emil, Gubernur Jambi: Warga Kami Turut Berduka 

Gubernur Jambi turut mendoakan keluarga Emil diberi ketabahan

Rep: Hartifiany Praisra, Arie Lukihardianti / Red: Nashih Nashrullah
Warga meletakan bunga bertuliskan ucapan belasungkawa di pintu gerbang saat acara takziyah untuk putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, di rumah dinas Gubernur Jawa Barat Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (4/6). Acara takziah ini terdiri dari doa bersama, salat gaib, dan penyampaian bela sungkawa dari berbagai pihak.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Warga meletakan bunga bertuliskan ucapan belasungkawa di pintu gerbang saat acara takziyah untuk putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, di rumah dinas Gubernur Jawa Barat Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (4/6). Acara takziah ini terdiri dari doa bersama, salat gaib, dan penyampaian bela sungkawa dari berbagai pihak.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Gubernur Jambi Al Haris mengunjungi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2022). Al Haris datang langsung untuk menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Ridwan Kamil. 

Al Haris mengakui warganya pun turut berduka atas musibah yang dialami Ridwan Kamil tersebut. Eril dinyatakan meninggal oleh keluarga setelah hanyut di Sungai Aree, Swis, pada pekan lalu.

Baca Juga

"Kami juga warga jambi ikut berduka cita atas musibah yang menimpa beliau," kata Al Haris usai takziyah. Al Haris pun mendoakan agar Ridwan Kamil diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah tersebut. Duka cita itu, bukan hanya dirasakan oleh warga Jawa Barat atau Jambi saja, melainkan juga dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. "Karena kang Emil juga tokoh nasional. Kami tentu doakan beliau, semoga kuat, semoga sehat, karena masih banyak yang perlu beliau buat untuk rakyat ini," kata Al Haris.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana hadir bersama sang istri untuk mengunjungi Emil. Usai takziyah, Yana pun menyampaikan rasa duka bagi keluarga.  

"Hari ini saya bersama istri melakukan takziyah Bapak Ridwan Kamil dan Ibu Atalia untuk memberikan  doa bagi putranya, kang Eril," kata Yana usai takziah.  

Yana turut mendoakan Eril agar iman islamnya diterima oleh Allah swt.  Dia pun berharap Ridwan Kamil dan keluarga ikhlas dan tawakal atas musibah yang menimpanya. 

"Kami dan istri mendoakan agar almarhum Eril diterima iman Islam, dan  Insya Allah wafat dalam keadaan husnul khatimah, kami mendoakan Ridwan Kamil sekiranya bisa sabar, ikhlas, dan tawakal menerima qadarullah dan Insya Allah kita yakin ananda Eril sudah diterima," kata Yana.  

Yana memang sudah dekat dengan keluarga Ridwan Kamil jauh sebelum keduanya menjadi pejabat publik. Almarhum Eril pernah satu sekolah dengan anak dari Yana sejak TK hingga sekolah dasar.   

"Sehingga saya bisa merasakan apa yang dirasakan seorang ibu dan bapak yang kehilangan putranya. Mudah-mudahan kita bisa mendoakan baik almarhum Eril dan bapak Ridwan Kamil untuk tabah ikhlas dan tawakal," kata Yana.    

Sebelumnya, turut hadir tokoh masyarakat serta pejabat publik ke rumah dinas Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (4/6/2022). Tiba di Bandung pada Jumat (3/6/2022) kemarin, Emil memutuskan untuk membuka takziyah bagi masyarakat. 

Rumah dinas Ridwan Kamil yakni Gedung Negara Pakuan di Jalan Pasirkaliki, Kota Bandung, Jawa Barat, didatangi para pejabat untuk bertakziyah sejak sekitar pukul 12.00 WIB. Adapun aktivitas Ridwan Kamil itu merupakan yang petama setelah Ridwan Kamil tiba di Bandung dari Swiss pada Jumat (3/6).  

Emil sendiri didampingi oleh istri, Atalia Praratya Kamil menyambut tamu yang hadir. Berdasarkan pantauan Emil terlihat pucat dan sembab. Meski demikian, Bu Cinta tetap tegar mendampingi suaminya.           

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement