Sabtu 04 Jun 2022 22:07 WIB

Kunjungi Keluarga Ridwan Kamil, UAH Ungkap Spesialnya Sosok Eril

UAH mendoakan almarhum Eril dan keluarga Ridwan Kamil

Red: Nashih Nashrullah
Ustadz Adi Hidayat mendoakan almarhum Eril dan keluarga Ridwan Kamil
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustadz Adi Hidayat mendoakan almarhum Eril dan keluarga Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG— Ustadz Adi Hidayat menemui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sedang berkabung sepeninggal wafat putranya yakni Emmeril Kahn Mumtadz ke Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2022).

UAH, begitu kerap disapa, mengaku merupakan seorang guru agama di keluarga Ridwan Kamil. Seingatnya, Emmeril merupakan sosok anak yang hebat karena berdedikasi dan berbakti kepada orang tuanya.

Baca Juga

"Dia baik. Sejak usia 11 tahun, dia sudah merenungkan tentang air dan Alquran surat Hud ayat ketujuh, Allah menguasai segala yang ada di perairan," kata Adi Hidayat usai menemui Ridwan Kamil.

Selain itu, menurutnya Ridwan Kamil kini sudah ikhlas atas kepergian putranya tersebut. Dengan berkumpulnya keluarga besar, menurutnya saling menguatkan agar Ridwan Kamil memiliki ketentraman, kedamaian, dan keyakinan di dalam jiwa.

"Kematian itu sesuatu yang sudah ditetapkan, tidak bisa kita tolak, tapi caranya yang menjadi pembeda," katanya.

Dia pun mengaku menerangkan kepada Ridwan Kamil, meski Eril wafat dalam keadaan yang dipandang berbeda, namun hal tersebut justru merupakan karunia.

"Saya juga menerangkan ayat-ayat, hadits-hadits tentang kemuliaan-kemuliaan orang yang wafat dalam keadaan tenggelam, sehingga lebih memberikan ketentraman, keyakinan, dan kekuatan," kata Adi.

Dia pun menganjurkan agar keluarga memperbanyak kisah-kisah baik yang pernah Eril lakukan selama hidup. Hal tersebut perlu dilakukan guna bisa menginspirasi masyarakat. "Karena wafatnya Eril itu luar biasa banyak mengunggah jutaan doa, perhatian banyak orang, dan setiap orang yang meninggal bisa menghadirkan suasana-suasana seperti wafatnya Eril," katanya. 

Sebelumnya, turut hadir tokoh masyarakat serta pejabat publik ke rumah dinas Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (4/6/2022). Tiba di Bandung pada Jumat (3/6/2022) kemarin, Emil memutuskan untuk membuka takziyah bagi masyarakat. 

Rumah dinas Ridwan Kamil yakni Gedung Negara Pakuan di Jalan Pasirkaliki, Kota Bandung, Jawa Barat, didatangi para pejabat untuk bertakziyah sejak sekitar pukul 12.00 WIB. Adapun aktivitas Ridwan Kamil itu merupakan yang petama setelah Ridwan Kamil tiba di Bandung dari Swiss pada Jumat (3/6/2022).  

Emil sendiri didampingi oleh istri, Atalia Praratya Kamil menyambut tamu yang hadir. Berdasarkan pantauan Emil terlihat pucat dan sembab. Meski demikian, Bu Cinta tetap tegar mendampingi suaminya.                

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement