Ahad 05 Jun 2022 09:27 WIB

Reaksi Southgate Usai Inggris Terkapar di Markas Hungaria

Timnas Inggris dinilai tak melakukan upaya yang cukup untuk menang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Timnas Inggris meraih hasil negatif pada laga pembuka di Liga A Grup 3 UEFA Nations League musim 2022/2023. The Three Lions kalah 0-1 dari tuan rumah Hungaria di Puskas Arena Park, Budepest, dalam laga yang berakhir pada Ahad (5/6/2022) dini hari WIB.

Pelatih kubu tamu, Gareth Southgate, kecewa melihat penampilan timnya. Ia menilai Harry Kane dan rekan-rekan tak melakukan upaya yang cukup untuk menang. Alhasil, pasukan Negeri Ratu Elizabeth terkapar di markas lawan.

Baca Juga

"Saya pikir hasil imbang adalah hasil yang tepat. Kami kurang tajam di sekitar kotak penalti, tapi menciptakan peluang yang jelas," kata Southgate, dikutip dari express.co.uk.

Satu-satunya gol tuan rumah tercipta pada menit ke-66. Sebelumnya, Reece James dinilai melanggar Zsolt Nagy di area terlarang. Wasit Artur Dias langsung menunjuk titik putih.

Dominik Szoboszlai yang menjadi algojo, menunaikan tugasnya dengan baik. Southgate berpendapat keputusan sang pengadil terlalu berlebihan. Namun wasit tak mampu mengubahnya.

"Setelah diputuskan, dia tidak akan membatalkannya," ujar juru taktik 51 tahun ini.

Awalnya pertandingan ini akan dimainkan secara tertutup. Federasi Sepak bola setempat mendapat hukuman dari Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Itu buntut dari perilaku tak terpuji pendukung Hungaria pada Piala Eropa 2020, tahun lalu.

Pada akhirnya anak-anak sekolah dizinkan menghadiri partai ini secara gratis. Terdengar suara bernada ejekan saat pemain Inggris berlutut sebelum kick-off.

Southgate menyayangkan hal itu. Tapi ia enggan berbicara terlalu jauh.

"Saya harus fokus pada sepak bola. Ketika kalah sebuah tim tidak bisa terlalu banyak berbicara tentang hal lain karena ini menunjukkan kurangnya tanggung jawab terhadap hasil," jelas Southgate.

Selanjutnya, the Three Lions bertemu Jerman. Bigmatch itu berlangsung di Allianz Arena, Muenchen, Rabu (8/6/2022) dini hari WIB.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا جَاۤءَهُمْ اَمْرٌ مِّنَ الْاَمْنِ اَوِ الْخَوْفِ اَذَاعُوْا بِهٖ ۗ وَلَوْ رَدُّوْهُ اِلَى الرَّسُوْلِ وَاِلٰٓى اُولِى الْاَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِيْنَ يَسْتَنْۢبِطُوْنَهٗ مِنْهُمْ ۗ وَلَوْلَا فَضْلُ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهٗ لَاتَّبَعْتُمُ الشَّيْطٰنَ اِلَّا قَلِيْلًا
Dan apabila sampai kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka (langsung) menyiarkannya. (Padahal) apabila mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya (secara resmi) dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Sekiranya bukan karena karunia dan rahmat Allah kepadamu, tentulah kamu mengikuti setan, kecuali sebagian kecil saja (di antara kamu).

(QS. An-Nisa' ayat 83)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement